telkomsel halo

Ini tarif sewa SKKL Palapa Ring Tengah

11:40:00 | 27 Apr 2019
Ini tarif sewa SKKL Palapa Ring Tengah
JAKARTA (IndoTelko) - Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) telah menetapkan tarif penggunaan layanan Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Palapa ring tengah pada tanggal 25 Maret 2019.  

Infrastrukur ini telah beroperasi sejak Desember 2018 dan sukses melalui masa uji coba komersial.

Proyek Palapa Ring Tengah menjangkau 27 kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara,Maluku Utara, dan Kalimantan Timur. Infrastruktur backbone di Palapa Ring Tengah ini terdiri dari Kabel Serat Optik Darat, Kabel Serat Optik Laut dan Microwave.

Proyek yang bernilai  Rp1,38 triliun itu beroperasi itu memungkinkan akses kecepatan internet 4G sampai dengan 30 Mbps

"Tidak berbeda jauh dengan komersial Palapa Ring Barat, terdapat dua tarif penggunaan palapa ring tengah, yaitu tarif penyediaan kapasitas lebar pita atau bandwidth; dan tarif penyediaan kabel serat optik pasif atau dark fibre," ungkap PLT Kepala Humas Kominfo Ferdinandus Setu dalam keterangan, kemarin.

Penetapan tarif penyediaan kapasitas lebar pita atau bandwidth berdasarkan nilai investasi, harga pasar, dan jumlah pengguna jasa. Setiap pengguna jasa penyediaan kapasitas lebar pita atau bandwidth hanya dapat menggunakan kapasitas lebar pita atau bandwidth maksimal sebesar 10 Gbps.

Adapun tarif penyediaan kabel serat optik pasif atau dark ditetapkan berdasar pertimbangan biaya per unit layanan dengan memerhatikan nilai investasi, harga pasar, dan panjang kabel.

Ini tarif sewa SKKL Palapa Ring Tengah

Terdapat skema diskon yang telah ditetapkan untuk empat pelanggan pertama Palapa Ring Tengah perhitungan 1/(n+1). Dimana untuk pengguna jasa pertama akan diberikan diskon 50%, dan pengguna jasa kedua akan diberikan diskon 33% yang berlaku selama 12 bulan dan untuk pengguna jasa kelima akan diberikan harga normal.

Asal tahu saja, Palapa Ring adalah bagian dari Tol Langit yang menjadi kebanggaan Kabinet Kerja dalam menyediakan koneksi internet cepat.

Dana Universal Service Obligation (USO) dimanfaatkan untuk membayar layanan dari tiga proyek yakni Palapa Ring Barat sebesar Rp232,4 miliar per tahun, Palapa Ring Tengah sebesar Rp249,1 miliar per tahun, dan Palapa Ring Timur Rp977,9 milyar per tahun (belum ada pembayaran karena belum masuk masa operasional dan komersial).(id)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year