telkomsel halo

Mastercard siapkan kerangka kerja hadapi era identitas digital

15:53:51 | 05 Apr 2019
Mastercard siapkan kerangka kerja hadapi era identitas digital
ilustrasi
JAKARTA (IndoTelko) - Mastercard memperkenalkan sebuah visi untuk identitas digital, seiring dengan kecenderungan dunia yang semakin terkoneksi.

Sebuah paper berjudul Restoring Trust in a Digital World menunjukkan sebuah kerangka kerja secara detail mengenai bagaimana identitas digital bekerja, dimulai dari individu yang menjadi pusat setiap interaksi digital.

Mastercard’s Principles of Digital Identity atau Prinsip-prinsip Mastercard terkait Identitas Digital akan menerapkan model ini dalam sistemnya. Prinsip-prinsip ini berfokus pada hak dan kepemilikan data, kerahasiaan, persetujuan, transparansi, keamanan dan inklusivitas.

Prinsip-prinsip tersebut mengacu pada satu hak dasar individu: “Saya adalah pemilik identitas dan saya mengatur data identitas saya.”

Beberapa hal yang diatur dalam prinsip ini diantaranya:

Inklusivitas dimana setiap orang memiliki hak atas identitas digitalnya

Kepemilikan dimana setiap orang memiliki identitas dan data personal.

Kesederhanaan, cara seseorang menggunakan identitas digital harus sederhana dan intuitif.

Kerahasiaan, seorang individu memiliki hak untuk menjaga kerahasiaan informasi identitas digital mereka

Persetujuan, identitas digital seorang individu tidak boleh digunakan atau dibagikan tanpa persetujuan pemiliknya atau memperoleh izin dari hukum yang berlaku

Transparansi, setiap individu memiliki hak untuk memahami bagaimana identitas digital mereka digunakan dan dibagikan

Keamanan & Integritas, data identitas dan transaksi yang melibatkan identitas digital seorang individu harus dilindungi dengan standar keamanan dan integritas tertinggi

Hak atas data, setiap individu harus memiliki hak untuk mengakses, mengubah, dan menghapus data identitas mereka, dan hak untuk meminta pertolongan jika hak mereka dilanggar

Penggunaan yang adil, data identitas seorang individu hanya akan digunakan untuk hal-hal yang sah, serta digunakan secara adil dan tidak diskriminatif

Pilihan, setiap individu harus memiliki pilihan penyedia identitas digital yang ingin mereka gunakan serta hak untuk memilih keluar.

"Interaksi digital merupakan ranah yang tengah kami pelajari dan diskusikan dengan beberapa kelompok yang berbeda selama beberapa waktu terakhir. Insight yang kami dapatkan dari diskusi tersebut memberikan kami gambaran tentang sebuah dunia di mana identitas seseorang dan piranti yang beroperasi atas nama mereka dapat diverifikasi secara cepat dan aman. Lebih dari itu, akses terhadap data tersebut bisa didapatkan tanpa kata sandi dan hanya dapat dibagikan dengan persetujuan mereka” kata President of Cyber & Intelligence Solutions for Mastercard Ajay Bhalla dalam keterangan (5/4).

Model Mastercard merefleksikan desain berbasis privasi dan tidak menjumlahkan data identitas. Model ini akan memungkinkan terjadinya interaksi-interaksi digital dengan membagikan data seminimal mungkin dan hanya ketika benar-benar dibutuhkan.

Model ini juga akan melindungi data dan penggunaan data tersebut secara efektif agar pengguna tetap memegang kendali, serta memastikan identitas seorang pengguna tersimpan secara aman dalam smartphone mereka.

Akses terhadap identitas digital akan memberikan pengalaman baru yang lebih baik bagi setiap orang saat mereka berinteraksi dengan pelaku bisnis, penyedia jasa, maupun komunitas-komunitas online mereka, sehingga memperkenalkan pengalaman berbelanja online yang lebih efisien, proses pembukaan akun rekening atau pelaporan pajak yang lebih mudah, serta penggunaan e-mail, media sosial dan platform hiburan secara lebih terintegrasi. Akses tersebut juga akan mengurangi risiko penipuan dan pencurian identitas.

“Identitas digital membutuhkan upaya kolektif. Dengan membangun kemitraan strategis bersama Microsoft serta bekerja dengan berbagai pemain industri, Mastercard berkomitmen untuk memfasilitasi jaringan dan membantu mendefinisikan aturan dan tata kelola identitas digital. Bersama-sama, kami memiliki peluang nyata untuk mentransformasi keterlibatan digital yang nyaman dan tidak berkompromi soal keamanan,” katanya.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year