telkomsel halo

20% proyek yang fokus dengan inovasi bisa berkembang

09:34:26 | 31 Mar 2019
20% proyek yang fokus dengan inovasi bisa berkembang
SINGAPURA (IndoTelko) - Oracle memprediksi kurang dari 20% proyek yang berfokus pada inovasi dapat berkembang.

Oracle melakukan survei terharap kurang lebih 1.850 pengambil keputusan di seluruh wilayah Asia Pasifik untuk solusi cloud dan pasar perangkat lunak juga menunjukkan bahwa meskipun ada hubungan yang jelas antara pertumbuhan dan inovasi, sebagian besar perusahaan yang diwawancarai memiliki sedikit rencana untuk proaktif dalam inovasi selama tiga tahun ke depan.

"Sementara Asia telah memimpin inovasi secara luas, penelitian ini mengkonfirmasi akan adanya sebuah gejolak inovasi yang besar,” kata Wakil Presiden Senior, Teknologi dan Sistem, Oracle APAC dan EMEA Andrew Sutherland.  

Menurutnya, dalam ekonomi global yang sangat kompetitif saat ini, perusahaan tidak dapat hanya berpangku tangan. Mereka yang mengambil risiko berkembang lebih pesat namun merasa memiliki sedikit harapan untuk mengejar ketinggalan. Sebaliknya mereka perlu melihat dengan seksama hambatan tersebut dan secara aktif mengatasinya. Dengan budaya yang efektif dan suportif, visi yang jelas dari para pemimpin, prioritas dan pendanaan proyek-proyek yang dipilih dan pendekatan baru seperti berkolaborasi, kegiatan di bidang ini lebih mungkin untuk sukses. Memiliki inovasi bukan hanya memiliki ide belaka, tetapi mengenai eksekusi.

Beberapa penemuan dari survei ini:
• Dua pertiga dari peserta mengatakan 80% dari projek inovasi yang mereka miliki tidak berjalan.
• Lebih dari sepertiga keseluruhan perusahaan mengalami kesulitan akan terlalu banyaknya projek inovasi.
• 28% mengatakan adanya sikap untuk tidak ingin melakukan perubahan.
• Sepertiga dari peserta mengutip adanya kesenjangan proses yang menghambat inovasi (26%), kesenjangan visi (27%) dan kesenjangan komitmen dari bisnis (23%) merupakan hal-hal utama tertundanya inovasi.
• Beberapa faktor utama yang menghambat hadirnya sebuah produk baru, layanan dan pengalaman kustomer untuk mencapai sebuah pasar adalah tidak adanya teknologi yang dapat mendukung eksekusi atau tim inovasi yang dipisahkan dari tim bisnis inti dan buruknya eksekusi.
• Namun, 86% perusahaan yang telah mengalami perkembangan baik telah melakukan investasi untuk inovasi.

Kurang fokus  
Komitmen sumber daya yang berlebihan membuat perusahaan tidak mampu mewujudkan inisiatif inovasi mereka, dengan sepertiga mengakui kewalahan oleh terlalu banyaknya proyek.

Masalah ini sangat jelas di perusahaan-perusahaan dengan pertumbuhan tinggi, dengan 41% melaporkan kelebihan inisiatif paralel. Memiliki tim inovasi yang terlalu terpisah dari bisnis inti juga diidentifikasi sebagai penghalang utama.

Kurangnya kepemimpinan
Kurangnya komitmen dari bisnis dalam hal dukungan kepemimpinan, investasi dan visi, ditambah dengan kurangnya kepemilikan yang jelas, terbukti menjadi hambatan utama bagi keberhasilan perusahaan dalam inovasi.

Keterlibatan Pelanggan
Organisasi bergerak menjauh dari faktor penentu keberhasilan tradisional yang mengukur keberhasilan produktivitas karyawan (52%) dan pendapatan (53%), dan semakin mencari bidang-bidang seperti pengalaman pelanggan (57%) dan retensi (52%) sebagai indikasi utama laba atas investasi.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year