telkomsel halo

Palapa Ring akan angkat perekonomian daerah 3T

09:38:35 | 24 Mar 2019
Palapa Ring akan angkat perekonomian daerah 3T
JAKARTA (IndoTelko) - Pemerintah mengharapkan kehadiran Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Palapa Ring akan mengangkat perekonomian masyarakat di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

"Kita ingin anak-anak kita belajarnya lebih luas lagi pengetahuannya dengan melihat di internet. Nelayan kita pendapatannya meningkat, ada aplikasi tentang lokasi ikan, dan mereka bisa pulang kalau berlayar. Kita ingin masyarakat berdagang lebih mudah, yang menjual maupun yang membeli lebih mudah, menghilangkan perantara," kata Menkominfo Rudiantara dalama acara Festival Teknologi Palapa Ring, belum lama ini.

Tak hanya itu, Menkominfo berharap seluruh fasilitas masyarakat dapat meningkatkan layanan masyarakat yang lebih baik lagi dengan hadirnya Palapa Ring. “Jadi semua sendi kehidupan kita lebih baik, semua fasilitas masyarakat, puskesmas, rumah sakit, dapat melayani masyarakat kita lebih baik lagi,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama Direktur Utama Badan Aksesibilitas Tekelomunikasi dan Informasi (BAKTI) Anang Latif mengatakan bahwa pemerintah membangun Palapa Ring sebagai sarana infrastruktur serat optik yang dapat dimanfaatkan untuk menyalurkan koneksi internet ke daerah-daerah tersebut dengan bantuan operator.

"Pada saat itu Pak Menkominfo mencanangkan, proyek ini harus selesai sebelum Kabinet Kerja berakhir. Saat ini Palapa Ring Paket Barat dan Tengah sudah beroperasi penuh, sedangkan Paket Timur telah mencapai selesai 94% dan ditargetkan selesai pertengahan tahun 2019," kata Anang.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year