Telkom Marketing
Telkom Marketing
blanja 2019
telkomsel halo

BSD City ambisi menjadi pusat pengembangan talenta digital

08:15:20 | 18 Mar 2019
BSD City ambisi menjadi pusat pengembangan talenta digital
Menkominfo Rudiantara saat meninjau stan Sinar Mas Land dengan proyeknya Digital Hub di ICE BSD City.(ist)
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Sinar Mas Land berambisi menjadikan BSD City menjadi tempat berkumpulnya sejumlah perusahaan di bidang teknologi dan institusi pendidikan dibidang Teknologi Informasi (TI) sehingga diharapkan kawasan ini kedepannya dapat menjadi "digital talent pool" untuk mendorong pengembangan ekonomi digital nasional.

Project Leader Digital Hub Sinar Mas Land Irawan Harahap mengatakan dalam jangka panjang BSD City akan menjadi ekosistem digital terdepan di Indonesia dan rencana tersebut dimulai dari pengembangan digital talent pool yang ada di area BSD City.

Telkom Marketing
"Keberadaan sekolah-sekolah digital di lingkungan BSD City seperti Apple Developer Academy, Binar Academy, Techpolitan, Purwadhika Startup & Coding school, Geeksfarm, Esport training center akan mempercepat pergerakan kami menuju smart city sekaligus mendukung ekonomi digital Indonesia di masa depan. Akan ada arus masuk pelaku digital ke BSD City untuk belajar, bekerja serta berkreasi sehingga fokus digital ekonomi akan berada di BSD City. Kami berharap bisa menjadi kiblat ekonomi digital di Indonesia dan di Asia Tenggara dalam kurun waktu secepatnya,” katanya dalam keterangan kemarin.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyatakan BSD City memiliki potensi menjadi kawasan pusat teknologi setara Silicon Valley seperti yang ada di Amerika Serikat. BSD City memiliki keunggulan dalam mencetak talent developer yang mumpuni, karena di kawasan ini terdapat sejumlah institusi pendidikan di bidang IT. Sementara itu, pemerintah menyediakan dua puluh ribu beasiswa tahun ini untuk mencetak digital talent di Indonesia bekerjasama dengan universitas, dosen, mentor serta tempat dari perusahaan besar. Hal ini dilakukan, agar Indonesia mampu bersaing di era industri 4.0.

"Saat ini ada tiga lembah silicon di dunia yaitu Bay Area atau Silicon Valley di Amerika Serikat, kedua adalah Bejing, China dan ketiga adalah Bangalore, India. Mungkin B selanjutnya adalah Bumi Serpong Damai (BSD City)," ujar Rudiantara.(wn)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
atta 300 x 250.gif
More Stories
telkom sigma