telkomsel halo

Andalan Finance tingkatkan kualitas kredit dengan data Dukcapil

05:00:48 | 04 Mar 2019
Andalan Finance tingkatkan kualitas kredit dengan data Dukcapil
ilustrasi
JAKARTA (IndoTelko) – PT Andalan Finance Indonesia (Andalan Finance) menggandeng Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Dukcapil) untuk melakukan kerja sama Pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan (NIK), Data Kependudukan, dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) sebagai upaya peningkatan kualitas kredit konsumen.

Andalan Finance akan mewajibkan seluruh calon konsumen Andalan Finance untuk melakukan registrasi pada sistem Dukcapil.

Direktur Fasilitas Pemanfaatan Data dan Dokumen Kependudukan Dukcapil Ir. Gunawan, MA dalam sambutannya mengatakan bahwa data kependudukan yang dikelola dengan baik dapat mencegah risiko kejahatan karena tidak memungkinkan seseorang melakukan penggandaan KTP-el karena sistem akan mendeteksi adanya penggandaan KTP-el.  

"Kami berharap Data NIK, Data Kependudukan dan KTP-el ini bisa bermanfaat bagi proses bisnis bapak ibu semuanya," ujar Direktur Jenderal (Dirjen) Dukcapil Prof. Dr. Zudan Arif FakruIIoh SH., MH belum lama ini.

Direktur Utama Andalan Finance, Suhendra Lie menjelaskan bahwa di era digital saat ini yang menuntut proses serba cepat, penggunaan Data NIK, Data Kependudukan dan KTP-el memberikan manfaat dan kemudahan dalam proses verifikasi identitas nasabah, sehingga akan mempercepat proses pemberian pembiayaan konsumen dan untuk mencegah terjadinya fraud dalam hal pemalsuan KTP-el.

"Hal ini sejalan dengan strategi Andalan Finance ke depannya yang akan menerapkan digitalisasi proses operasional," katanya.

Sebagaimana diketahui bahwa induk perusahaan Andalan Finance, PT Industri dan Perdagangan Bintraco Dharma Tbk (Bintraco Dharma) dengan kode saham CARS melalui anak usahanya PT CARSWORLD Digital Indonesia telah meluncurkan aplikasi digital yang diberi nama CARS WORLD, yang akan memenuhi berbagai kebutuhan otomotif, berupa pembiayaan otomotif dan jaringan bengkel mobil online.

Melalui terobosan ini konsumen akan menikmati proses pelayanan yang semakin baik dan memperoleh berbagai layanan otomotif secara lebih terintegrasi.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year