Telkom Marketing 2
Telkom Marketing 2
blanja 2019
telkomsel halo

Cara CIMB Niaga digitalisasi karyawan

05:48:00 | 01 Mar 2019
Cara CIMB Niaga digitalisasi karyawan
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) terus berinovasi untuk meningkatkan kompetensi karyawan dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Salah satunya dengan menyediakan platform pembelajaran internal berbasis mobile application bernama Learning on the Go (LoG). Kehadiran platform ini sejalan dengan aspirasi CIMB Niaga untuk menjadi perusahaan perbankan digital terdepan di Indonesia.

“Kami memahami gaya hidup masyarakat modern saat ini ingin serba cepat dan praktis, termasuk karyawan kami yang juga banyak berasal dari generasi milenial. Karena itu, kami senantiasa memanfaatkan teknologi secara optimal untuk meningkatkan digital experience, di antaranya dalam mengembangkan digital learning bagi karyawan melalui aplikasi LoG,” kata Direktur Human Resources CIMB Niaga Hedy Lapian dalam keterangan kemarin.

Aplikasi yang diluncurkan sejak April 2018 lalu, kini memasuki tahap berikutnya yaitu peningkatan teknologi dan konten melalui LoG 3.0 yang mudah diakses dari perangkat mobile maupun desktop application di mana saja dan kapan saja. Konten yang disajikan berupa materi training dan sertifikasi yang didesain menarik, serta dilengkapi video dan simulator.

Untuk menunjang pembelajaran, LoG 3.0 menggunakan teknologi aplikasi berbasis cloud yang dilengkapi dengan fitur-fitur user-friendly. Fitur tersebut di antaranya sistem pencarian untuk memudahkan pengguna menemukan modul yang diinginkan dan leaderboard yang menyajikan kompetisi menarik bersama rekan kerja.

“Melalui terobosan baru LoG 3.0 ini, kami ingin mengubah paradigma pembelajaran yang selama ini terbatas di ruang kelas menjadi tanpa batas ruang dan waktu. Belajar cara baru ini kami rancang tak ubahnya seperti bermain game di ponsel, sehingga memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan bagi karyawan,” ujar Hedy.

Melalui LoG, setiap karyawan mendapatkan pembelajaran sesuai kebutuhan, baik dari segi pengetahuan, skill, maupun perilaku. Mereka dapat mengikuti peta pembelajaran (learning roadmap) baik yang dirancang secara umum bagi seluruh karyawan, maupun khusus bagi karyawan sesuai bidang pekerjaan utamanya.

Hedy mencontohkan, materi yang wajib diikuti oleh semua karyawan yaitu terkait kompetensi dasar inti seperti pengetahuan tentang produk-produk perbankan yang ditawarkan CIMB Niaga dan sikap yang harus dimiliki setiap karyawan. Sikap tersebut mencakup customer oriented, integritas, disiplin, komunikatif, kolaboratif, dan sikap kehati-hatian. Adapun materi khusus, misalnya, modul tentang sales journey untuk karyawan bagian penjualan dan services journey bagi karyawan di bidang pelayanan nasabah.

Telkom Marketing 2
“Kami berharap dengan kemudahan ini seluruh karyawan semakin termotivasi untuk mempelajari berbagai konten yang disediakan LoG sesuai peran masing-masing, target kompetensi, dan waktu yang ditentukan. Ini merupakan bagian dari upaya kami untuk terus meningkatkan kompetensi karyawan secara berkelanjutan,” kata Hedy.

Ia menambahkan, penerapan aplikasi mobile learning ini membuat kegiatan training di CIMB Niaga menjadi lebih cepat, optimal, dan efisien. Terlebih CIMB Niaga merupakan perusahaan dengan jumlah karyawan mencapai 12.461 orang yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Angkasa Pura 2
“Bagi kami, karyawan merupakan salah satu aset utama perusahaan, karena itu kami akan terus berinvestasi untuk meningkatkan keahlian mereka, termasuk melalui pengembangan learning platform yang sesuai dengan perkembangan teknologi terkini,” tutup Hedy.(wn)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
atta 300 x 250.gif
More Stories
telkom sigma