telkomsel halo

OneConnect mulai berkiprah di Indonesia

10:32:37 | 21 Feb 2019
OneConnect mulai berkiprah di Indonesia
CEO OneConnect Financial Technology Tan Bin Ru. (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – PT OneConnect Financial Technology Indonesia (OneConnect), anak perusahaan bidang teknologi finansial (fintech) dari Grup Ping An, memulai operasinya di Indonesia.

Grup Ping An adalah perusahaan asuransi besar di Tiongkok yang masuk di peringkat nomor 29 dalam daftar Fortune 500.

“Kami memahami tantangan yang dialami oleh industri fintech Indonesia dan di sinilah OneConnect dapat memberikan dukungan. Di Tiongkok, OneConnect memanfaatkan lingkungan mobile-first untuk mencapai tingkat adopsi konsumen yang tinggi dan meningkatkan akses finansial kepada mereka yang masuk kategori underbanked dan unbanked. Kami berharap dapat bekerja sama dengan bank dan institusi finansial lokal untuk meniru kesuksesan kami di sana dengan solusi yang sesuai dengan tantangan di Indonesia,” ujar CEO OneConnect Financial Technology Tan Bin Ru dalam keterangan kemarin.

Di Indonesia, OneConnect hadir sebagai mitra strategis untuk bank dan institusi finansial lokal dengan menawarkan teknologi yang telah terbukti dan teruji di bidang Artificial Intelligence, Blockchain, solusi Cloud, dan banyak lagi.

“Berbagai teknologi ini akan mendukung bank dan institusi finansial di Indonesia dengan layanan end-to-end yang dapat meningkatkan efisiensi, kemampuan untuk mengontrol risiko, dan mengurangi biaya – yang berarti institusi finansial lokal dapat mengembangkan layanan dan penawaran mereka. Dengan demikian, OneConnect dapat menyediakan akses finansial bagi lebih banyak masyarakat Indonesia,” tutur Direktur Utama PT OneConnect Financial Technology Indonesia Hendra Tan.

Sebagai langkah pertamanya di Indonesia, OneConnect membentuk kerja sama dengan Asosiasi Pengelola Pasar Indonesia (ASPARINDO). Dalam kolaborasi ini, OneConnect akan mengadakan pelatihan dan kunjungan ke pasar-pasar untuk membantu para pedagang dan kios bertransformasi ke arah digital.   

“Kami senang bisa menjadi bagian dari upaya bersama untuk mentransformasi cara tradisional dalam hal finansial dengan memanfaatkan teknologi yang efisien, kuat, dan hemat biaya. Kami berharap dapat memanfaatkan teknologi OneConnect supaya bisa memberikan akses finansial digital yang lebih luas kepada pedagang di pasar, sehingga mereka juga bisa lebih aktif berpartisipasi dalam ekosistem teknologi finansial,” ujar Ketua Umum ASPARINDO Y Joko Setiyanto.

OneConnect menawarkan rangkaian lengkap solusi teknologi yang telah terbukti dan teruji dalam hal Artificial Intelligence, Blockchain, Biometrics Identification, dan teknologi canggih lainnya yang digunakan oleh Grup Ping An, termasuk Bank Ping An dan Asuransi Ping An.

Salah satu teknologi andalan yang menjadi keunggulan OneConnect adalah Autentikasi Biometrik dalam bentuk pengenalan wajah atau facial recognition (FR) yang memiliki tingkat akurasi 99,8% dan telah diakui sebagai nomor satu di dunia oleh Labeled Faces in the Wild (LFW).

Institusi finansial di Indonesia dapat menggunakan teknologi ini untuk melakukan verifikasi identitas pelanggan secara akurat dan aman pada masa pendaftaran. OneConnect menyediakan rangkaian solusi teknologi Biometrik, termasuk Liveness Detection, Voiceprint, Microexpression, dan lainnya.

Solusi populer lainnya dari OneConnect adalah Blockchain untuk platform keuangan niaga dan solusi supply chain. Sebagai salah satu perusahaan pertama yang mengembangkan dan menerapkan teknologi Blockchain di Tiongkok, OneConnect juga menjadi penyedia teknologi untuk platform Hong Kong eTradeConnect, yaitu platform keuangan niaga berbasis Blockchain yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi perdagangan, membangun kepercayaan anggota, dan mengurangi risiko dengan memanfaatkan teknologi Blockchain.

Hal ini didukung oleh otoritas keuangan Hong Kong dan berbagai bank di Hong Kong. Dengan kecanggihan teknologi Blockchain, OneConnect juga telah meluncurkan sistem keuangan untuk supply chain bagi beberapa perusahaan besar di Tiongkok untuk memungkinkan pemasok hulu (upstream) mendapatkan pendanaan secara lebih mudah dan cepat.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year