telkomsel halo

Telkomsat siapkan MangoeSky untuk dukung UNBK

08:15:46 | 09 Feb 2019
Telkomsat siapkan MangoeSky untuk dukung UNBK
Siswa di SMA Negri 1 Tanjung Palas Barat, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara menjalani proses belajar dengan dukungan MangoeSky.(dok)
JAKARTA (IndoTelko) - PT Telekomunikasi Satelit Indonesia (Telkomsat) menyiapkan solusi MangoeSky untuk mendukung Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) bagi sekolah yang berada di daerah pedesaan dan terpencil yang kendala akses internet.

"Telkomsat melalui MangoeSky berkomitmen untuk memberikan pelayanan internet terbaik kepada pelanggan segmen pedalaman yang daerahnya tidak terjangkau internet. MangoeSky dapat menjadi solusi untuk permasalah kesulitan jaringan internet daerah pelosok, terlebih lagi untuk sekolah di pedesaan agar tetap dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar maupun ujian,” kata Direktur Bisnis Telkomsat, Bogi Witjaksono dalam keterangan, kemarin.

Diharapkannya dengan adanya fasilitas internet Mangoeky di sekolah-sekolah ini, dapat mendukung visi pemerintah untuk menciptakan pemerataan pedidikan dan melahirkan generasi yang lebih berkualitas di masa mendatang.

Bogi mengatakan kehadiran internet menjadikan situasi belajar mengajar berbeda dari pembelajaran konvensional. Kegiatan belajar mengajar menjadi lebih kondusif dan interaktif. Teknologi jaringan internet juga memungkinkan seorang siswa mendapatkan bahan pelajaran dimana saja dan kapan saja. Hal ini menunjukkan internet dapat digunakan sebagai sumber alternatif untuk belajar. Selain itu, jaringan internet juga dapat dijadikan sebagai pendukung kegiatan sekolah seperti dalam melakukan UNBK.

"UNBK merupakan wujud kemajuan teknologi yang diimplementasikan dalam dunia pendidikan. Namun pada perjalannnya, kegiatan ini tetap menghadapi kendala terutama bagi sekolah yang berada di daerah pedesaan dan terpencil. Kendala yang dihadapi dalam kegiatan ujian ini adalah akses internet di daerah yang buruk maupun koneksi internet yang tidak stabil yang membuat pihak sekolah harus selalu menyiapkan strategi cadangan untuk menghadapinya," katanya.

Seperti pada tahun 2018, masih banyak sekolah-sekolah di daerah khususnya daerah pedalaman mengalami permasalahan tersebut. Pada akhirnya sekolah yang tidak memiliki jangkauan internet di daerahnya, terpaksa menumpang ujian di sekolah yang berada di perkotaan. Hal ini tentu menimbulkan masalah baru, karena lokasi sekolah tempat ujian yang jauh dan membuat siswa harus meninggalkan rumah agar tidak terlambat. Ada juga sekolah yang tetap melakukan ujian saat server off kemudian sekolah melakukan input data online setelah server on kembali.

Untuk menanggulangi permasalah tersebut, SMA Negri 1 Tanjung Palas Barat, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara telah mempersiapkan fasilitas internet MangoeSky yang memang dikhususkan untuk daerah luar dan pedalaman. “Kami bersyukur jaringan internet VSAT MangoeSky telah aktif di sekolah kami,” kata Kepala Sekolah SMA N 1 Tanjung Palas, Semserah.

Sekolah dan pemerintah daerah setempat memang harus memperhatikan sarana dan prasarana penunjang ujian khususnya jaringan internet yang stabil. “Layanan MangoeSky yang berbasis internet satelit ini, memang sangat cocok untuk digunakan di daerah pedalaman seperti lokasi sekolah kami, jaringan internetnya stabil dan aksesnyapun cepat,”  tutup Semserah.(ad)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year