telkomsel halo

Motorola Solutions akuisisi VaaS senilai US$445 juta

07:02:40 | 15 Jan 2019
Motorola Solutions akuisisi VaaS senilai US$445 juta
JAKARTA (IndoTelko) - Motorola Solutions telah mengumumkan akuisisi VaaS International Holdings, Inc., (VaaS), sebuah perusahaan analisis data dan gambar yang berbasis di Livermore, California dan Fort Worth, Texas. 

Motorola Solutions mengakuisisi VaaS dengan melakukan pembayaran sebesar US$445 juta dalam bentuk uang tunai dan ekuitas.

VaaS, sebuah perusahaan "video analysis as a service", adalah perusahaan global terkemuka penyedia analisis data dan gambar untuk lokasi kendaraan. Platform pengambilan gambar dan analisis yang dimiliki perusahaan, meliputi kamera pembaca plat nomor tetap dan bergerak yang dijalankan oleh machine learning dan artificial intelligence (AI). 

Melalui pemanfaatan teknologi ini, data lokasi kendaraan bisa diketahui untuk keselamatan umum dan pelanggan komersial. Anak-anak perusahaannya meliputi Vigilant Solutions untuk penegak hukum dan Digital Recognition Network (DRN) untuk pelanggan komersial. Pendapatan perusahaan ini pada tahun 2019 diperkirakan sekitar US$100 juta. 

Pusat pengembangan dan penelitian dari perusahaan ini berada di di Vietnam dengan lebih dari 40 karyawan bekerja di beberapa bidang khusus seperti software engineering, artificial intelligence dan data analytics.

“Akuisisi ini memperluas kemampuan data dan analitik Motorola Solutions, melengkapi perangkat lunak dan analitik keselamatan publik kami serta platform video dan analitik Avigilon,” kata Chairman and CEO, Motorola Solutions Greg Brown dalam keterangan kemarin.

Ditambahkannya, VaaS akan meningkatkan portofolio perangkat lunak Motorola Solutions dengan kemampuan untuk mendapatkan informasi lokasi kendaraan agar bisa membantu responden pertama (seperti petugas medis) untuk merespon kondisi darurat dengan lebih cepat, meningkatkan kecepatan dan akurasi investigasi dalam rangka menciptakan kota yang lebih aman.

Platform VaaS memungkinkan berbagi data (data-sharing) yang dapat dikendalikan dan diaudit oleh berbagai lembaga penegak hukum. Informasi lokasi kendaraan dapat membantu mempercepat waktu penyelesaian dan meningkatkan kemampuan badan-badan keselamatan publik dalam menyelesaikan masalah dan memperbaiki hasilnya. Terutama bila digabungkan dengan catatan polisi. Misalnya, penegak hukum yang telah menggunakan solusi VaaS untuk menangkap pelaku kejahatan berbahaya dan menemukan orang hilang dengan cepat.

“Kami sangat senang bergabung dengan Motorola Solutions. Akuisisi ini memungkinkan kami untuk terus melayani pelanggan kami saat ini dan melakukan ekspansi secara global,” kata salah satu pendiri VaaS dan presiden Vigilant Solutions Shawn Smith.  

VaaS akan menjadi bagian dari Motorola Solution’s Software Enterprise, sebagai tim yang bertanggung jawab dibalik pembuatan rangkaian perangkat lunak keselamatan publik yang terintegrasi.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year