Telkom Marketing
Telkom Marketing
blanja 2019

Living Lab Smart City Nusantara pikat Pemkab Sigi

11:26:53 | 01 Jan 2019
Living Lab Smart City Nusantara pikat Pemkab Sigi
Pejabat Pemkab Sigi di Living Lab Smart City Nusantara.(ist)
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Adopsi Smart City nampaknya sudah tidak asing lagi di kalangan Pemerintah Daerah.

Banyak kota sudah mulai melakukan inisiasi program “Smart City” dengan berbagai tahapan dan pendekatan.

Dalam mengimplementasikan smart city, sebuah kota akan secara bertahap mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses tata kelola dan operasional sehari-hari.

Integrasi teknologi tersebut dimaksudkan utamanya untuk menangani permasalahan yang ada baik itu dengan meningkatkan efisiensi, membagikan informasi kepada publik, hingga memperbaiki pelayanan kepada masyarakat ataupun meningkatkan kesejahteraan warga.

Salah satu Pemerintah Daerah yang mengimplementasikan Smart City adalah Kabupaten Sigi. Menyadari akan pentingnya penerapan teknologi untuk mendukung tata kelola kota, pada tanggal 18 Desember 2018, dipimpin oleh Bupati, Ketua DPR dan Tim Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi mengunjungi Living Lab Smart City Nusantara yang berlokasi di Jl. Gunung Sahari Raya No. 53.

"Living Lab Smart City Nusantara ini adalah sebuah bentuk perwujudan komitmen Telkom dalam membantu pemerintah dalam mewujudkan Smart City di Indonesia," jelas Senior Manager Smart City Development, Wahyudi belum lama ini.

Living lab sendiri merupakan fasilitas yang dibangun oleh Telkom Tbk untuk memberikan guidance dan know-how kepada stakeholder Smart City khususnya Pemerintah Daerah mengenai pemahaman tentang implementasi Smart City.

Living Lab Smart City Nusantara bertujuan untuk mendukung Pemerintah dalam percepatan implementasi smart city yang pada akhirnya akan menciptakan pengelolaan kota yang bersih dan transparan serta meningkatkan kenyamanan, keamanan, efisiensi dan kemampuan kerja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Pemerintah Daerah yang berkunjung, dapat melihat simulasi dari solusi yang kiranya dibutuhkan oleh daerahnya, sehingga dapat memberi gambaran bagaimana implementasi solusi tersebut nantinya.

Angkasa Pura 2
Living Lab Smart City Nusantara terdiri dari empat zona yaitu  Zona Government, Zona Industry, Zona Citizen dan Zona Infrastructure, yang terus berkembang dan berinovasi dengan penambahan jumlah produk demo dan solusi. Saat ini, di Living Lab Smart City Nusantara telah hadir 59 solusi dan demo layanan yang tersebar di 4 zona.

telkom sigma
Beberapa solusi dan demo tersebut diantaranya adalah e-Office, e-Puskesmas, Kios Pintar, e-Pelaporan, Hi City, Smart PJU dan lain sebagainya. Telkom berharap dengan adanya Living Lab Smart City Nusantara, dapat membantu stakeholder mensolusikan kebutuhan-kebutuhan layanan Smart City yang diperlukan dengan tepat sesuai dengan kebutuhan dan kondisi masing-masing stakeholder.(ad)

Telkom Smart City
Artikel Terkait
telkom solution travel
atta 300 x 250.gif
More Stories
telkom smart city
indihome IDN