Telkom Marketing 2
Telkom Marketing 2
blanja 2019

Ponsel 4G entry-level bawa berkah bagi operator

11:22:57 | 17 Dec 2018
Ponsel 4G entry-level bawa berkah bagi operator
telkomsat
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Mulai dipasarkannya telepon seluler (Ponsel) 4G dengan fitur entry-level diprediksi membawa berkah bagi pendapatan operator telekomunikasi. 

Analis dari BCA Sekuritas Aditya Eka Prakasa dalam kajiannya 6 Desember 2018 kehadiran ponsel entry-level seperti "Wizphone" dengan kemampuan 4G yang didukung oleh sistem operasi KaiOS akan menjadi salah satu katalis bagi pendapatan operator selular.

Ponsel ini mirip dengan Jiophone di India, yang dijual seharga INR1,390 (sekitar Rp325 ribu). Di India penjualan Jiphone lumayan tinggi karena menggandeng operator selular. Diperkirakan ada 7 juta unit per bulan penjualan per kuartal pertama 2018.

Diperkirakan saat ini ada 20% pengguna non-data akan hijrah ke layanan data dengan adanya ponsel 4G entry-level ini. Potensinya sekitar 60 juta penguna baru. 

Diasumsikan paket data terendah sekitar Rp25 ribu-Rp40 ribu, diperkirakan akan ada tambahan pendapatan sekitar Rp1,5 triliun-Rp2,4 triliun/ bulan atau Rp18 triliun per tahun hingga Rp29 triliun per tahun bagi satu operator seluler.

Angkasa Pura 2
Wizphone diusung PT Wiz Indonesia Nirwana (WIN). Saat ini perusahaan yang telah tergabung di dalam ekosistem Wizphone ialah Alfamart, BNI, SBII, Qualcomm, PPBS, IMX dan Kai OS.(tp)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma