telkomsel halo

Hadapi 12.12, J&T Express operasikan mesin sortir otomatis

11:56:59 | 08 Dec 2018
Hadapi 12.12, J&T Express operasikan mesin sortir otomatis
JAKARTA (IndoTelko) - J&T Express melakukan sejumlah persiapan dalam menghadapi lonjakan pengiriman di Hari Belanja Nasional (12.12) mendatang.

Jasa pengiriman ekspres yang fokus pada bisnis eCommerce resmi mengoperasikan mesin sortir otomatis  pertama J&T Express di Indonesia.

Bertempat di lahan seluas 1 hektar di Rawa Bokor Tangerang, penggunaan mesin ini termasuk otomasi tingkat tinggi dengan teknologi scan barcode otomatis, conveyor belt sebagai penunjang jalur paket, pengukuran berat paket secara otomatis, auto-reject untuk paket-paket yang tidak sesuai standar, serta penggunaan SDM yang minim.

Melengkapi mesin sortir semi auto sortir sebelumnya, mesin otomatis ini bertujuan untuk untuk meningkatkan efisiensi kerja, serta mengurangi human error sehingga dapat mempercepat distribusi pengiriman yang ada.

“J&T Express selalu berupaya memberikan layanan terbaik untuk para pelanggan, salah satunya melalui peningkatan inovasi teknologi pada operasional kami. Teknologi mesin sortir otomatis dapat menyortir 180 ke destinasi dalam satu putaran, dengan kapasitas sortir hingga 30.000 paket per jam. Kami berharap teknologi ini akan membawa kepuasan lebih bagi pelanggan J&T Express dan juga meningkatkan kualitas pengiriman di Indonesia. Terima kasih untuk semua pelanggan yang selalu mempercayai layanan J&T Express selama 3 tahun ini,” ungkap CEO J&T Express Indonesia Robin Lo dalam keterangan, kemarin.

Pengoperasian mesin sortir otomatis yang bedekatan dengan momentum hari belanja online nasional pada 12 Desember mendatang juga bertujuan untuk memaksimalkan distribusi pengiriman pelanggan ecommerce di Indonesia.

Dengan persentase pengiriman yang saat ini mencapai lebih 50% dari bisnis ecommerce, J&T Express telah mempersiapkan beberapa langkah untuk mengantisipasi melonjaknya pengiriman di harbolas 2018 diantaranya, penambahan armada dengan muatan yang lebih besar, penambahan SDM sebesar 2 kali lipat, penambahan gudang sortir cadangan, serta memaksimalkan gudang di stasiun kereta untuk menyortir paket dari wilayah Jawa dan sekitarnya.

Dengan penggunaan mesin sortir otomatis ini, J&T Express siap melayani pengiriman di berbagai momentum spesial akhir tahun 2018.

“Menjelang akhir tahun, selain Harbolnas biasanya akan terjadi juga peningkatan pengiriman yang cukup besar dari Jakarta ke tujuan daerah timur khususnya seperti Manado, Ambon, Papua dan Makassar karena momentum hari raya Natal sedangkan penerbangan kesana juga terbatas, namun sudah kami antisipasi dengan mengamankan load pengiriman pada waktu tersebut,” kata Cargo Operations Manager J&T Express Indonesia Yohanes.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year