telkomsel halo

Tri Indonesia adopsi solusi Nokia AVA untuk efisiensi jaringan

11:10:16 | 05 Nov 2018
Tri Indonesia adopsi solusi Nokia AVA untuk efisiensi jaringan
JAKARTA (IndoTelko) – Operator 3 Indonesia (Tri Indonesia) mengadopsi solusi dari Nokia untuk meningkatkan efisiensi pada jaringan LTE miliknya dan meningkatkan pengalaman pelanggannya saat menikmati layanan data.

Penggunaan solusi Spectral Performance Management dari Nokia telah menghasilkan peningkatan efisiensi spektrum 3 Indonesia sebesar 17%, yang berarti lebih banyak layanan mobile broadband yang bisa diberikan bagi pelanggan, dengan kecepatan data yang lebih tinggi dan layanan yang lebih dapat diandalkan.

Mengingat pertumbuhan pelanggan dan trafik yang tinggi, operator harus bisa memanfaatkan sumber daya jaringan radio LTE tanpa menambahkan hardware, spektrum, atau BTS baru.

Teknologi Spectral Performance Management Nokia telah memungkinkan 3 Indonesia secara proaktif mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah kinerja jaringan serta memberikan layanan berkualitas terbaik bagi basis pelanggannya yang terus berkembang.

Analisis berbasis cloud dari Nokia AVA menghasilkan rekomendasi otomatis yang meningkatkan efisiensi spektral dan membantu memprioritaskan investasi terhadap kapasitas tambahan.

Nokia AVA mengumpulkan, menyimpan, dan menganalisis data dari berbagai sumber, termasuk data Minimization of Drive Test (MDT). Sebagai sebuah fitur 3GPP, MDT memungkinkan pengumpulan data performa dari Nokia dan vendor jaringan lainnya, memanfaatkan miliaran laporan pengukuran anonim yang dikirim oleh ponsel biasa.

Algoritma mesin pembelajaran, yang dikembangkan oleh pakar layanan Nokia dalam kemitraan dengan Nokia Bell Labs, menganalisis data dan mengidentifikasi pola penggunaan dan perilaku jaringan untuk mendapatkan informasi yang sangat terperinci, insight dari level sub-cell mengenai kepadatan pelanggan, throughput pada aplikasi, dan performa sinyal radio.

Analisis tingkat forensik ini membantu insinyur jaringan memahami di mana kapasitas hampir habis dan bagaimana seluruh data dapat ditingkatkan sambil memprediksi permintaan selanjutnya dari pelanggan. Insight yang terperinci ini memungkinkan 3 Indonesia melakukan perencanaan dengan lebih akurat dan meningkatkan laba atas investasi jaringan termasuk, kepastian evolusi menuju 5G.

“Kami menyediakan layanan data 4G berkualitas tinggi dengan fokus pada milenial di seluruh Indonesia. Kami sangat senang bahwa Nokia dan Spectral Performance Management Solution-nya, menggunakan inovasi terbaru dalam AI dan pembelajaran mesin, yang membantu kami mengurangi latensi dan meningkatkan kapasitas sehingga pelanggan kami dapat merespons mobile game mereka lebih cepat dan menikmati kualitas video yang unggul,” kata CTO Hutchison 3 Indonesia Desmond Cheung dalam keterangan (5/11).

Menurut Service Director for Global Telecom Technology and Software at research firm GlobalData  John Byrne operator seluler dari semua vendor menghadapi kenyataan yang sama: permintaan jaringan terus meningkat, tetapi spektrum yang tersedia umumnya tetap sama. Akibatnya, mereka harus melakukan apa saja untuk mendapat lebih banyak kapasitas dan kinerja dari sumber yang sama.

“Artificial Intelligence berbasis analisis memainkan peran penting dalam memastikan kinerja jaringan yang kuat dan memaksimalkan efisiensi spectral,” katanya.

Head of the Network Cognitive Service unit at Nokia Dennis Lorenzin menjelaskan spektrum adalah sumber daya yang terbatas, sehingga memaksimalkannya adalah hal yang cerdas bagi operator mana pun.

“Hutchison 3 Indonesia berhasil mengatasi tantangan akibat meningkatnya jumlah pelanggan dan makin banyaknya aplikasi baru yang haus bandwidth seperti video dan game. Dengan bantuan Nokia AVA, mereka dapat meningkatkan efisiensi jaringan dan meningkatkan pengalaman bagi pelanggan mereka,” katanya.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year