telkomsel halo

Nokia dukung `Command Center` berbasis broadband

06:07:53 | 19 May 2018
Nokia dukung
JAKARTA (IndoTelko) - Nokia memperluas portofolio pusat komando dan pengendalian bagi institusi-institusi keamanan publik melalui peluncuran Advanced Command Center.

“Situasi keamanan publik yang semakin kompleks saat ini membutuhkan pendekatan baru yang dibangun berbasis integrasi dan otomasi dan yang terus berkembang. Advanced Command Center dari Nokia mengoptimalkan alokasi sumber daya dan memungkinkan penyelarasan multilembaga yang efisien, kolaborasi, dan koordinasi bersama antara layanan-layanan di lembaga kepolisian, kesehatan, dan pemadam kebakaran, karena mereka dapat lebih sigap dalam menghadapi keadaan darurat dan mengelola upaya tanggap darurat dengan lebih baik,” kata Head of Global Services Portfolio Sales Nokia Asad Rizvi dalam keterangan, kemarin.

Solusi ini merupakan suatu langkah maju menuju standar panggilan darurat 911 dan 112 generasi berikutnya, yang memungkinkan panggilan telepon melalui berbagai media, kesadaran situasional menyeluruh (360 derajat) melalui layanan video dan IoT, serta peningkatan kerja sama multilembaga melalui pusat tanggap darurat virtual.

Advanced Command Center dirancang untuk memenuhi kebutuhan institusi-institusi keamanan publik yang dihadapkan dengan tanggung jawab yang semakin besar dan transisi dari layanan tanggap darurat berbasis suara ke layanan yang berpusat pada broadband data.

Panggilan darurat dari/ke berbagai media menggunakan kemampuan video untuk membantu lembaga keamanan publik dalam mendapatkan pemahaman visual tentang situasi kritis ketika panggilan darurat 911/112 diterima.

Sebagai bagian dari portofolio ViTrust Nokia, Advanced Command Center menggabungkan layanan darurat generasi berikutnya (NEXES), panggilan darurat sarat media yang canggih, serta kemampuan pengiriman tim dengan Integrated Operations Center Nokia untuk manajemen kota yang cerdas dan aman.

Advanced Command Center juga mengintegrasikan kemampuan dan sistem baru. Misalnya, pengawasan video yang dikombinasikan dengan Nokia Scene Analytics, yang membantu mendeteksi kejanggalan dalam aliran video real-time, serta Nokia Sensing, solusi layanan yang dilengkapi dengan sensor IoT di lingkungan smart city/kota cerdas untuk memberikan tanda-tanda akustik dan melacak perubahan lingkungan, di antara wawasan lainnya.

Data yang telah terkonsolidasi dianalisis untuk mengidentifikasi dan secara proaktif memitigasi potensi keadaan darurat. Kesadaran situasional yang komprehensif juga membantu manajemen insiden dan pengambilan keputusan yang cepat dan berdasarkan fakta dalam skenario-skenario yang semakin kompleks.

Pusat komando dan pengendalian dapat dihubungkan sedemikian rupa sehingga beban kerja panggilan darurat secara otomatis diseimbangkan antara pusat-pusat tanggap darurat virtual, sehingga dapat menjawab kebutuhan mission-critical dari ruang kontrol komando yang beroperasi sepanjang waktu secara real time.

Semua pusat komando dan pengendalian dilengkapi dengan tampilan terpadu dari situasi yang ada dan dapat mengakses data yang sama untuk meningkatkan kerja sama dan efisiensi pada tingkat lokal atau regional.

Keahlian integrasi sistem end-to-end dari Nokia yang mencakup mission-critical broadband, pusat data, platform, sistem dan aplikasi akan memastikan komunikasi multimedia yang andal dan berkinerja tinggi untuk lingkungan keamanan publik.

Selain itu, pendekatan multivendor Nokia yang unik dengan Nokia Integration Platform memudahkan integrasi sistem-sistem lama dan baru dengan cepat, sehingga institusi-institusi keamanan publik dapat dengan cepat menambah kemampuan baru dan memiliki fleksibilitas untuk memilih solusi yang paling sesuai. Dalam lingkungan yang semakin kompleks, Nokia Integration Platform menjaga arsitektur sistem agar tetap sederhana, sehingga memungkinkan pembagian data yang tersedia di semua sistem.

Advanced Command Center memanfaatkan inovasi terbaru dari ekosistem mitra Nokia untuk menghadirkan solusi yang dirancang khusus bagi institusi keamanan publik.

Misalnya, Nokia telah bermitra dengan Insta DefSec yang berbasis di Finlandia untuk meningkatkan kemampuan Advanced Command Center untuk pusat komando berskala menengah dan besar melalui sistem Insta Response, yang memberikan dukungan multiotoritas, penanganan panggilan terpadu, dan persyaratan pengiriman tim tanggap darurat.

Advanced Command Center memperkuat penawaran Nokia untuk Keamanan Publik, yang sejalan dengan strategi Nokia untuk memperluas jangkauan ke pasar-pasar vertikal tertentu.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year