telkomsel halo

Lintasarta dukung smart city di Langkat

12:23:38 | 03 Jan 2018
Lintasarta dukung smart city di Langkat
JAKARTA (IndoTelko) - PT Aplikanusa Lintasarta (Lintasarta) mendukung program smart city yang dikembangkan kabupaten Langkat dengan mendukung operasional Command Center yang berlokasi di area kantor Bupati Langkat, Jum’at (29/12).

Dalam pesannya yang dibacakan Sekda H. Indra Salahudin, Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu SH mengatakan bahwa saat ini era masyarakat serba menganut unsur digital.

“Keterbukaan informasi publik dan pelayanan E-Government oleh Pemerintah merupakan hal tidak dapat ditunda-tunda lagi” katanya.

Ditambahkannya, selaku Leading sektor dibidang komunikasi, informasi dan tekonologi, Dinas Komunikasi dan Infortika (Kominfo) Kabupaten Langkat memiliki kewajiban dalam mengawal penerapan alih teknologi manual ke era digital melalui penerapan Aplikasi E-Government di seluruh SKPD.

Diharapkan, Comand center ini dapat menjadi pondasi dan langkah awal dalam penerapan teknologi informasi dan e-government dalam melayani masyarakat.

Kadis Kominfo Langkat H. Syahmadi dalam penjelasannya mengatakan, pembaungunan Command Center di Langkat ini sesuai dengan arahan Presiden RI yang mengatakan bahwa Pemerintah harus menyesuaikan diri dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan melakukan berbagai macam inovasi dalam mencapai tuntutan kerja cepat dan efisien.

Ditambahkannya, dalam menjalankan fungsinya, Command Center dilengkapi dengan aplikasi, isnfrastruktur dan personilnya yang bertugas dalam mengontrol serta berkoordinasi untuk merumuskan permasalahan di seputar pelayanan publik yang berkaitan dengan aplikasi e-government.

Langkat Command Center sudah terintegrasi dengan aplikasi-aplikasi, seperti e-Perizinan, e-Puskesmas, e-Planning, CCTV Monitoring, ditambahkan dengan aplikasi dari Lintasarta, yaitu e-Laga dan Media Analytics.

"Dengan adanya Command Center ini, pelayanan publik diharapkan dapat menjadi lebih baik serta dapat memaksimalkan kinerja Pemerintah, khususnya didalam pengambilan keputusan yang cepat dan tepat sasaran," katanya.

Direktur Bisnis Lintas Arta Alfi Asman mengatakan Lintasarta memiliki solusi smart city komprehensif mulai dari penyediaan infrastruktur hingga platform berbasis cloud yang memungkinkan pemerintah daerah maupun kota untuk membuat, mengembangkan, melakukan uji coba, dan mengelola aplikasi tanpa perlu berinvestasi infrastruktur.

"Lintasarta siap terus melakukan inovasi digital dan peningkatan layanan untuk mendukung perwujudan smart city di Indonesia dengan teknologi dan sumber daya profesional," katanya.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year