Finnet mulai ekspansi ke Arab Saudi

10:24:57 | 13 Nov 2017
Finnet mulai ekspansi ke Arab Saudi
Suasana kerjasama Finnet dan Halawani Exchange di Arab Saudi (ist)
JAKARTA (IndoTelko) - PT Finnet Indonesia (Finnet) memulai langkah ekspansinya ke Arab Saudi dengan menggandeng Halawani Exchange.

Kerjasama keduanya adalah membuka layanan pengiriman uang (remittance) dan ditandatangani pada 30 Oktober 2017 di Jeddah, Arab Saudi. Kerja sama ini akan mempermudah warna negara Indonesia (WNI) di Arab Saudi untuk mengirim uang ke kampung halaman.

“Kerja sama ini menghasilkan layanan yang sangat bermanfaat bagi pekerja Indonesia di Arab Saudi, serta berkontribusi meningkatkan hubungan ekonomi dan perdagangan antara Indonesia dan Arab Saudi,” kata Kepala ITPC Jeddah Gunawan saat mendampingi dan memfasilitasi pertemuan kedua perusahaan, bersama dengan Pelaksana Fungsi Ekonomi KJRI Jeddah, dalam keterangannya, kemarin.

Melalui layanan pengiriman uang ini, WNI di Arab Saudi dapat mengirim uang kepada keluarga di Indonesia lewat skema pengiriman ke rekening bank (cash to bank) atau pengiriman tunai (cash to cash). Untuk cash to bank, Finnet meneruskan kiriman uang secara real-time ke bank di seluruh Indonesia. Lalu untuk cash to cash, Finnet meneruskan kiriman uang secara real-time ke seluruh gerai Pegadaian dan Alfamart.

Menurut Gunawan, kerja sama kedua perusahaan ini akan menghasilkan layanan dengan biaya lebih terjangkau dan efisien dibanding penyelenggara layanan lainnya dari Arab Saudi. Uang kiriman juga langsung dapat diterima dan diambil di tempat tujuan. Gunawan menambahkan, Finnet dan Halawani telah memiliki lisensi untuk menyelenggarakan layanan ini dari Bank Indonesia dan Saudi Arabian Monetary Authority, bank sentral Arab Saudi.

Konsul Jenderal RI Jeddah, M. Hery Saripudin dalam kesempatan terpisah menyampaikan bahwa Tim Ekonomi dan Perdagangan KJRI Jeddah juga sangat mendukung upaya Finnet untuk melebarkan sayap bisnisnya ke pasar Arab Saudi ini mengingat Arab Saudi merupakan pasar yang dikuasai oleh pemasok terbatas (captive market).

“Ini merupakan peluang besar bagi Finnet, khususnya terkait dengan layanan pengiriman uang karena banyak WNI bekerja di Arab Saudi. Selain itu jumlah jamaah haji dan umrah yang datang ke Arab Saudi setiap tahun sangat besar, mencapai lebih dari 1,2 juta orang,” ungkap Hery.

Asal tahu saja, Halawani Exchange merupakan perusahaan yang bergerak di sektor jasa dan layanan, mulai dari sektor keuangan, pariwisata hingga bisnis makanan dan minuman. (Baca: Bisnis Remitansi Finnet)

Finnet sendiri telah mengelola 67 juta transaksi per bulan, dengan jumlah dana yang di-settle mencapai Rp6 triliun per bulannya. Layanan remitansi Finnet telah beroperasi di Hongkong, Taiwan, Jepang, Malaysia dan Timor Leste.(dn)

Artikel Terkait
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories