telkomsel halo

Kominfo dorong sinergi untuk majukan industri game

09:47:21 | 31 Jul 2017
Kominfo dorong sinergi untuk majukan industri game
Semuel A. Pangerapan (dok)
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mendukung kerjasama industri kreatif bidang pengembangan dan inovasi aplikasi game di Indonesia.

”Pemerintah mendorong dan mendukung adanya signing ceremony seperti ini. Adanya kerjasama  pada bidang kreatiif sangat dibutuhkan terutama yang berkaitan dengan inovasi,” kata Dirjen Aplikasi Informatika Semuel A. Pangerapan saat hadir mewakili Menkominfo dalam Signing Ceremony CAKRA dan True Axion Interactive seperti dilansir laman kominfo, belum lama ini.

Menurutnya, inovasi di bidang teknologi hanya bisa dilakukan dengan adanya kerjasama, kalau tidak begitu tidak banyak inovasi yang bisa dilakukan. “Dengan adanya kerjasama diharapkan akan ada transfer knowledge. Terbukanya market di luar karena dengan kerjasama Thailand yang berada dalam MEA, bagi Thailand bermanfaat, demikian untuk Indonesia sendiri,” tandas Semuel Pangerapan.

Dikatakannya, setiap industri game lokal di Indonesia didorong agar berkembang. “Pemerintah merancang bagaimana Indonesia bisa membuka pasar tapi juga tetap melindungi pasar game dalam negeri. Contohnya, Pemerintah akan mengatur bahwa semua game harus teregistrasi, jadi bukan ijin," terangnya.

Tujuan pendaftaran dilakukan untuk menjaga kesetaran peluang antara industri dalam negeri dan luar negeri. "Hal untuk menjaga ekualitas antar perusahaan game dalam negeri dan luar. Sama- sama harus bayar pajak. Jadi semua Over The Top (OTT) yang menyimpan data orang Indonesia atau transaksi di Indonesia harus terdaftar,” katanya.

Ditambahkannya, pemerintah menyambut baik inisiasi untuk menggabungkan e-commerce atau startup dan game. "Namun harus ada recognition khusus dan bersyukur adanya industri game seperti CAKRA yang menjadi counterpart Pemerintah untuk bersama-sama memajukan industri yang dinaungi," pungkasnya.(ak)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year