Telkom Marketing 2
Telkom Marketing 2
blanja 2019
telkomsel halo

Centratama gelar Rights Issue III

12:07:01 | 24 Dec 2016
Centratama gelar Rights Issue III
ilustrasi
telkomsat
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) PT Centratama Telekomuniksi Indonesia Tbk (CENT) akan menggelar Penawaran Umum Terbatas / PUT III atau  rights Issue III dalam rangka penerbitan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD).

Dalam prospektus ke Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (23/12), Clover Universal Enterprise Ltd akan menjadi  pembeli siaga dari aksi korporasi ini.

Rencananya  sebanyak 20.788.976.600 Saham Baru akan diterbitkan dalam PUT ini. Dengan rasio pembagian HMETD adalah setiap 1 saham lama  yang dimiliki akan mendapatkan 2 HMETD, dimana setiap pemegang 1 HMETD berhak untuk membeli 1 Saham baru CENT dengan nilai nominal Rp100 setiap saham, dengan harga pelaksanaan Rp100 per saham. Setiap HMETD dalam bentuk pecahan akan dibulatkan ke bawah (round down).

Clover Universal Enterprise Ltd. sebagai pemegang saham utama Centratama   sebesar 59,42% berhak untuk memperoleh sebanyak 12.353.119.902 HMETD.

Clover akan melaksanakan haknya sebanyak 5.745.156.258 saham. Sisa HMETD yang merupakan hak Clover, yaitu sebanyak 6.607.963.644 HMETD selanjutnya akan ditawarkan kepada pihak ketiga sampai dengan akhir periode perdagangan dan pelaksanaan HMETD.

Jika saham baru yang ditawarkan dalam PUT III ini tidak seluruhnya diambil bagian oleh pemegang HMETD porsi publik, maka sisanya akan dialokasikan kepada pemegang HMETD publik lainnya yang melakukan pemesanan lebih dari haknya.

Apabila setelah alokasi pemesanan saham tambahan, masih terdapat sisa saham porsi publik, maka Clover sebagai Pembeli Siaga akan membeli sisa Saham Baru sejumlah yang diperlukan agar jumlah Saham Baru yang diterbitkan CENT menjadi 20.158.700.548 Saham Baru. Dalam hal masih terdapat sisa dari jumlah Saham Baru yang ditawarkan oleh CENT, maka seluruh saham yang tersisa tersebut tidak akan dikeluarkan dari portepel.

Rencana Penggunaan Dana yang di peroleh dari hasil PUT III setelah di kurangi biaya-biaya emisi, digunakan sebagai berikut, sekitar 4% untuk melaksanakan Pembelian Saham PT Network Quality Indonesia (NQI).

Centratama mengakuisisi NQI dari kedua pemiliknya sebesar Rp 105,49 miliar. NQI dikenal mengerjakan proyek in buildings solutions dan proyek micro cell.

Berikutnya alokasi dana rights issue digunakan 93% untuk pemberian hutang kepada PT Network Quality Indonesia. Sisanya 3% untuk modal kerja.

Telkom Marketing 2
Untuk diketahui, pemegang saham yang memiliki 5% atau lebih saham Centratama Telekomunikasi Indonesia Tbk sebelum PUT III ini yaitu: Clover Universal Enterprise Ltd. (59,42%) dan UBS AG Singapore Non-Treaty Omnibus (9,34%).

Centratama  akan memulai periode perdagangan dan pelaksanaan HMETD pada 5-11 Januari 2017 mendatang dan mencatatkan saham HMETD di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 5 Januari 2017.

Angkasa Pura 2
Aksi rights issue juga pernah dilakukan Centratama pada 2015 lalu guna membayar utangnya.(ak)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma