telkomsel halo

Ini alasan harus punya pemimpin melek digital

06:25:49 | 03 Sep 2016
Ini alasan harus punya pemimpin melek digital
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Sebuah studi terbaru dari Oxford Economics yang disponsori oleh SAP menyatakan hanya satu dari lima eksekutif bisnis adalah Pemimpin Digital.

Sekumpulan pemimpin baru yang muncul dan berpikir secara digital mampu menunjukkan hasil bisnis yang lebih kuat. Pengumuman ini dibuat di acara SuccessConnect, yang berlangsung pada tanggal 29-31 Agustus di Las Vegas. Studi Leaders 2020 ini didasarkan pada hasil survei pada lebih dari 4,000 eksekutif dan karyawan yang tersebar di 21 negara.

Penelitian ini mengidentifikasi karakter organisasi-organisasi yang sukses dalam ekonomi digital. Mayoritas organisasi tentu dapat menggali manfaat dari proses adopsi kepemimpinan digital yang diidentifikasi dalam penelitian tersebut.

Mengapa menjadi pemimpin digital merupakan hal penting:
Performa finansial yang lebih kuat: 76% dari eksekutif yang dievaluasi dalam studi tersebut sebagai Pemimpin Digital menunjukkan penerimaan yang lebih besar dan pertumbuhan profit, dibandingkan 55% eksekutif lainnya yang turut disurvei.

Karyawan yang puas dan merasa dilibatkan: Pemimpin Digital memiliki karyawan yang 87% lebih mungkin merasa bahagia dalam pekerjaan mereka, dibandingkan 63% responden lainnya.
Budaya inklusif dan budaya kepemimpinan yang kuat: Pemimpin Digital Memiliki karyawan yang lebih mungkin untuk menetap di pekerjaan mereka bahkan jika ada kesempatan untuk keluar, 21 persen lebih tinggi dari semua responden lainnya.

"Sudah jelas bahwa gaya kepemimpinan yang berbeda diperlukan untuk berhasil dalam ekonomi digital," kata Presiden SAP Success Factors Mike Ettling dalam rilisnya, kemarin.

Menurutnya,orang-orang, terutama milenial dan generasi di belakang mereka, mengharapkan pemimpin yang lebih inklusif dan mudah berbaur, serta variasi lebih pada tingkat kepemimpinan, dan struktur yang lebih dinamis. "Teknologi memainkan peran dalam memberikan kita, sebagai pemimpin, akses ke pengetahuan yang diperlukan untuk membuat keputusan dengan cepat, dan untuk menarik dan mengembangkan generasi pemimpin berikutnya," katanya.

Menurut penelitian, Pemimpin Digital saat ini:
Menyederhanakan pengambilan keputusan: Empat dari lima (80 persen) Pemimpin Digital membuat keputusan didasarkan pada data, dan hampir dua dari tiga dari mereka (63 persen) melaporkan bahwa organisasi mereka mampu membuat keputusan secara real-time, dibandingkan dengan hanya 55% dan 46% dari orang lain yang disurvei. Pemimpin Digital lebih cenderung transparan dan mendistribusikan pengambilan keputusan di seluruh organisasi.

Memprioritaskan keberagaman dan inklusi: Organisasi terkemuka dalam ekonomi digital lebih cenderung untuk melihat lebih banyak keberagaman dalam angkatan kerja di manajemen tingkat menengah, dan memiliki proporsi karyawan wanita yang lebih tinggi dari perusahaan lain. Perusahaan-perusahaan ini juga lebih mungkin untuk memiliki program keberagaman (46% versus 38% dari semua perusahaan), mengakui dampak positif keanekaragaman pada budaya kerja (66% versus 37%) dan menyamakan peningkatan keberagaman untuk kinerja keuangan (37% versus 29%).

Meskipun beberapa organisasi mengalahkan rekan-rekan mereka dalam kategori ini, studi ini menemukan ruang untuk perbaikan pada semua tingkat kepemimpinan. Hanya 39% karyawan percaya perusahaan mereka memiliki program keberagaman yang telah berjalan efektif, sementara kurang dari setengah (49%) eksekutif percaya bahwa kepemimpinan mengakui pentingnya keanekaragaman, dan telah mengambil langkah-langkah untuk mengembangkannya.

Mendengarkan eksekutif muda: Studi ini menemukan bahwa milenial dengan cepat menduduki posisi kepemimpinan perusahaan, 17 persen dari eksekutif senior dalam studi tersebut diklasifikasikan sebagai milenial. Pemimpin milenial lebih pesimis dibandingkan eksekutif lainnya tentang kesiapan digital organisasi mereka. Para eksekutif muda ini menilai keterampilan kepemimpinan organisasi mereka antara 15% dan 23% lebih rendah dari eksekutif nonmillennial dari berbagai atribut, termasuk memfasilitasi kolaborasi, mengelola keberagaman, memberikan umpan balik dan mengurangi kesulitan birokrasi.

Milenial akan segera membentuk 50% dari angkatan kerja, sehingga mereka akan memiliki suara yang kuat untuk mentransformasi budaya perusahaan. Apa yang mereka katakan benar-benar penting. Dan mereka berkata: Waktunya untuk perubahan.

"Penemuan ini harus menjadi peringatan bagi para pemimpin bisnis. Karyawan, eksekutif muda dan hasil keuangan Anda semua mengirimkan pesan yang jelas tentang pentingnya memperbarui dan meningkatkan keterampilan kepemimpinan untuk era digital. Inilah waktunya untuk mendengarkan dan memimpin,” kata Wakil direktur Thought Leadership di Oxford Economics Edward Cone.(pg)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year