telkomsel halo

Wanita lebih Suka Berbuka Puasa di luar

09:12:57 | 05 Jul 2016
Wanita lebih Suka Berbuka Puasa di luar
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Wanita terbukti lebih sering berbuka puasa di luar dibandingkan dengan pria. Berdasarkan survei yang dilakukan platform direktori kuliner, Qraved, pada bulan Juni, 73% wanita mengaku lebih banyak melakukan buka puasa bersama diluar di bandingkan pria yang hanya mencapai 27% saja di bulan Ramadan.

Data dari survei yang diikuti oleh 1,500 koresponden tersebut juga menyebutkan bahwa sejumlah 62% orang menerima lebih dari 5 kali undangan berbuka puasa. Selanjutnya 19% mengaku menerima 1 hingga 2 undangan buka puasa bersama dan terakhir sejumlah 19% menerima  3 hingga 4 undangan berbuka puasa.

Buka puasa saat ini menjadi budaya baru di Indonesia yang tidak hanya dirayakan oleh umat Muslim. Sejumlah 62% koresponden mengaku bahwa buka puasa menjadi momen reuni dan berbagi keceriaan bersama kawan lama atau rekan sekolah/ kuliah.

Kemudian sejumlah 23% mengaku menjadikan momen berbuka puasa menjadi saat yang tepat untuk menambah keakraban bersama rekan kantor dan sisanya 15% koresponden mengaku ingin menambah kehangatan bersama dengan keluarga.

Banyaknya undangan berbuka puasa bersama mempengaruhi banyaknya uang yang dikeluarkan untuk makan diluar. Sebanyak 63% orang menyatakan menghabiskan uang lebih banyak dibandingkan dengan hari biasa saat mereka berkumpul dengan teman, rekan kantor atau keluarga.

Tercatat sejumlah 51% koresponden menyatakan bahwa mereka menghabiskan uang Rp 100,000 – Rp 300,000 lebih banyak dibandingkan dengan kebiasaan sehari-hari mereka. Kemudian ada 31% koresponden menyatakan menghabiskan Rp 400,000 – Rp 500,000 lebih banyak. Lalu 18% koresponden mengaku menghabiskan uang sebesar Rp 500,000 atau lebih besar dari biasanya dibulan Ramadan untuk memenuhi undangan berbuka puasa dari teman, rekan kerja dan keluarga.

Banyaknya undangan berbuka puasa yang hadir dan meningkatnya rupiah yang dihabiskan oleh orang di bulan Ramadan pastinya membawa dampak positif bagi pengusaha restoran. Sebaliknya para pelanggan juga menanti promo menarik dari restoran sebagai pertimbangan dasar mereka menentukan restoran mana yang mereka akan pilih untuk berbuka puasa.

Sebanyak 37% koresponden mengaku mencari rekomendasi dan promosi restoran untuk berbuka puasa dari aplikasi atau situs direktori restoran seperti Qraved. Selanjutnya ada saebanyak 30% koresponden mencari tahu informasi kuliner untuk berbuka puasa dari teman, 19% mencari tahu melalui sosial media dan 14% mencari tahu dari halaman milik blogger.

Qraved menjadi platform direktori kuliner yang menyediakan berbagai informasi dan kemudahan untuk makan di luar. Mulai dari reservasi, dinning point (sebesar Rp 10,000 setiap reservasi & bisa ditukar setalh 10 kali), informasi rekomendasi kuliner (Qraved journal) dan diskon (promo restoran) terbaru. Tidak heran jika saat ini lebih banyak orang menggunakan aplikasi direktori restoran saat akan makan di luar.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year