telkomsel halo

Qualcomm pamer platform referensi untuk mobil terkoneksi

12:35:42 | 11 Jun 2016
Qualcomm pamer platform referensi untuk mobil terkoneksi
Ilustrasi (dok)
SAN DIEGO (IndoTelko) – Qualcomm Incorporated melalui anak perusahaannya, Qualcomm Technologies, Inc.,  mengumumkan Qualcomm Connected Car Reference Platform (platform referensi untuk mobil terkoneksi) yang bertujuan untuk mempercepat adopsi teknologi untuk generasi mobil terkoneksi selanjutnya yang lebih kompleks dan mutakhir.

Sebagai pemimpin konektivitas di bidang otomotif yang telah berhasil mengapalkan lebih dari 340 juta chip kepada lebih dari 20 produsen otomotif, Qualcomm Technologies tengah mengembangkan sebuah produk yang dirancang untuk dapat mengikuti perkembangan dunia otomotif yang selalu bergerak cepat, yang akan difasilitasi dengan teknologi terbaru seperti 4G LTE, Wi-Fi, Bluetooth, dan komunikasi melalui vehicle-to-everything (V2X).

Platform tersebut juga didesain untuk menyelesaikan berbagai tantangan seperti keselerasan kerja jaringan nirkabel, layanan future-proofing, dan arsitektur in-car hardware dalam skala besar.

Platform Referensi untuk Mobil Terkoneksi ini diciptakan berdasarkan beberapa teknologi yang diprakarsai oleh Qualcomm dalam bidang otomotif, yakni di antaranya modem LTE Qualcomm X12 dan X5, quad-constellation Global Navigation Satellite System (GNSS) dan solusi pencari lokasi 2D/3D Dead Reckoning (DR).

Teknologi Qualcomm VIVE Wi-Fi, Dedicated Short Range Communications (DSRC) untuk V2X, Bluetooth, Bluetooth Berdaya Rendah dan kemampuan penyiaran, seperti penyetem analog dan digital yang menggunakan perangkat lunak khusus radio melalui chip Qualcomm tuneX. Selain itu, platform ini juga menghadirkan teknologi jaringan dalam kendaraan, seperti Gigabit (OABR) Ethernet dengan Automotive Audio Bus (A2B) dan interface Controller Area Network (CAN).    

“Dengan Platform Referensi untuk Mobil Terkoneksi ini, Qualcomm Technologies telah mengembangkan sebuah platform untuk produsen otomotif, modul untuk OEM, dan para pengembang yang menitikberatkan pada skalabilitas, modularitas, dan keamanan untuk mengintegrasikan dan mengelola beragam teknologi nirkabel terkini dalam kendaraan,” ujar Vice President, Product Management, Qualcomm Technologies, Inc Nakul Duggal dalam keterangan tertulisnya, kemarin.

Platform Referensi untuk Mobil Terkoneksi milik Qualcomm ini diperkirakan akan tersedia di pasaran pada akhir tahun 2016. Produk ini akan hadir bersamaan dengan uji coba aplikasi dari beberapa perusahaan, yakni OTA updates oleh Movimento, komunikasi V2X oleh Savari, Inc., dan pengelolaan dan analisa data kendaraan oleh Hortonworks.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year