Gelar Hackathon, Telkom dukung Makassar menjadi kota kreatif

07:43:00 | 26 May 2016
Gelar Hackathon, Telkom dukung Makassar menjadi kota kreatif
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) melalui Divisi Digital Service menggelar Kompetisi Hackathon di Makassar dalam rangka mendukung kota tersebut menjadi salah satu pusat inovasi kreatif di dunia.

“Kegiatan ini bagian dari program Indigo Creative Nation yang ingin mendukung pemerintah melahirkan seribu Technopreneur hingga 2020,” ungkap Deputy EGM Coherence & Innovation Management, Digital Service Division Telkom Ery Punta Hendraswara dalam regular sharing session dengan IndoTelko, kemarin.

Diharapkannya, dari ajang kompetisi tersebut muncul bibit-bibit baru dari Kota Makassar yang dapat mendorog kemajuan ekonomi digital di Indonesia. “Kita mencari aplikasi yang dapat membantu sektor pemerintahan, kesehatan, pariwisata, pendidikan, transportasi publik, dan pelaku UMKM. Sekarang tak jamannya lagi bikin aplikasi yang sophisticated tetapi tak applicable atau menjadi solusi dari masalah sosial,” ulasnya.

Dalam menggelar kompetisi ini Divisi Digital Service Telkom menggandeng Makassar Creative Network (MCN)  pada 28 Mei-29 Mei 2016 di Digital Innovation Lounge (DiLO) Makassar, Jl Sam Ratulangi no. 68, Makassar. Para peserta pelajar dan profess ional berusia 18-35 tahun.

Hal unik dari kompetisi ini peserta diwajibkan menggunakan Application Programming Interface (API) yang dapat diakses di www.mainAPI.net untuk menyelesaikan aplikasinya.

Telkom sendiri  membuka Indigo Creative Nation (indigo.id) dengan mengusung tema, "Building Strong Indonesia Digitalpreneuer with Disruptive Mindset". Startup yang tertarik untuk bergabung  bisa mendaftar kapan saja sepanjang 2016. (Baca juga: Indigo dari Telkom)

Program serupa telah dikembangkan tahun 2015. Pada 2015, Telkom bersama anak usahanya, Metra Digital Investama (MDI) mengembangkan program inkubasi startup dengan sillicon valley mindset. (wn)

Artikel Terkait
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories