LimaKilo disuntik East Ventures

09:06:07 | 25 May 2016
LimaKilo disuntik East Ventures
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Salah satu startup yang didorong pemerintah untuk meningkatkan produktivitas pertanian, LimaKilo, mendapatkan pendanaan dari East Ventures.

Aplikasi LimaKilo adalah layanan platform yang memungkinkan petani untuk langsung menjual hasil panennya ke semua orang dengan harga yang lebih kompetitif. Saat ini melayani distribusi hasi panen ke kota-kota wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi dan Bandung. Pemerintah mengharapkan kehadiran aplikasi Limakilo bisa meningkatkan hasil pertanian 15% dan harga beli di konsumen turun 15%. (Baca juga: Adopsi Digital di pertanian

Co-founder Limakilo Walesa Danto mengharapkan, kemitraan dengan East Ventures dapat mempercepat pertumbuhan bisnis Limakilo. “Sebagian besar pendanaan akan digunakan untuk mencapai target kemitraan dengan lebih banyak petani dan perluasan pasar di luar Jakarta pada tahun ini dengan cara menjalin kerja sama dengan gabungan kelompok tani (Gapoktan) dan melakukan pelatihan aplikasi kepada petani yang tergabung sebagai mitra Gapoktan,” katanya, kemarin.

Dijelaskannya, Limakilo ingin menjawab masalah ketidakstabilan harga komoditas di Indonesia karena banyaknya tengkulak. "Saat ini  harga di level petani sangat rendah, sedangkan di level konsumen harganya terus naik. Untuk komoditas bawang merah misalnya, kenaikan harga dari petani ke konsumen bisa mencapai 80%," ungkapnya.

Limakilo berharap dapat mengefisienkan pola distribusi produk pertanian karena pembeli dan petani bisa dipertemukan langsung. Dimulai dengan komoditas bawang merah dan melayani area Jakarta yang memiliki potensi konsumsi bawang merah di kisaran 700-1000 ton setiap bulan atau sekitar 2% dari total konsumsi nasional. Limakilo kini telah bermitra dengan lebih dari 15 petani dari Brebes, Bandung, dan Yogyakarta.

Managing Partner East Ventures Willson Cuaca menyatakan tim Limakilo berkembang dengan positif. “Selain seluruh tim berkomitmen full time di perusahaan ini, mereka juga melakukan eksekusi yang cepat dan agile.Sejalan dengan visi dan fokus East Ventures untuk berinvestasi di kategori agriculture technology dan pertanian, tim Limakilo juga membuktikan kalau ada juga peserta Hackathon yang bisa menjadi bisnis yang sustainable dan investible," katanya.(wn)

Artikel Terkait
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories