Telkom Ambisi Hadirkan Digital Tourism Kingdom

15:01:43 | 18 May 2016
Telkom Ambisi Hadirkan Digital Tourism Kingdom
Muhammad Awaluddin (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) melalui Divisi Enteprise Service (DES) yang khusus mengelola pelanggan korporasi, ingin menggenjot digitalisasi ekosistem bisnis di sektor pariwisata agar dapat menjadi salah satu pilar pembangunan ekonomi bangsa.

“Selama 16 tahun kehadiran Telkom Solution sebagai layanan solusi total Information and Communication Technology (ICT) melalui DES, telah hadir membangun negeri di sektor pariwisata. Sekarang kami berambisi menghadirkan Digital Tourism Kingdom,” ungkap Direktur Enterperise & Business Services Telkom Muhammad Awaluddin di Jakarta, Rabu (18/5).

Menurutnya, Digital Tourism Kingdom dibutuhkan Indonesia mengingat sektor pariwisata diharapkan dapat menjadi pilar pembangunan ekonomi bangsa yang dapat menyumbang 8% dari Produk Domestik Bruto (PDB) nasional.

“Telkom akan berusaha memberikan kontribusi melalui dukungan ICT untuk mewujudkan hal tersebut. Ini bakti Telkom bagi negeri,” ujar Awaluddin mengenai dukungan Divisi Enterprise Service terhadap pengembangan pariwisata Indonesia.

Diungkapkan Awaluddin, salah satu kelemahan sektor pariwisata Indonesia adalah Infrastruktur ICT yang masih rendah. “Kehadiran Telkom Solution diharapkan dapat meningkatkan daya saing sektor pariwisata Indonesia di level global,” tambahnya.

Digital Tourism Kingdom yang akan dibangun Telkom melalui penyediaan solusi digital ekosistem yang terintegrasi, layanan big data analytic, digital marketing, dan penyediaan ICT solution yang sesuai dengan value chain dari industri pariwisata.

Sumbangsih digitalisasi industri yang telah dilakukan Telkom Solution antara lain memberikan layanan digitalisasi sistem ticketing di destinasi wisata, seperti di Candi Borobudur, Prambanan, Ratu Boko, dan Keraton Kasepuhan Cirebon. Seluruh layanan tersebut merupakan persembahan dari Telkom Solution untuk dunia pariwisata Indonesia agar dapat menjadi destinasi wisata kelas dunia.

Selain itu Telkom Solution juga mendukung layanan digitalisasi hotel yang telah diadopsi oleh beberapa chain hotel, seperti Accor dan Intiwhiz Internasional.  

Hal ini dilengkapi pula dengan menghadirkan kemudahan layanan delivery dan digitalisasi bisnis proses pelayanan di jaringan cafe dan resto, seperti KFC, Mc Donalds, Pizza Hut, dan Mitra Adi Perkasa Food & Beverage (Starbucks, Burger King, Domino Pizza, Krispy Kreme).

Lebih lanjut dijelaskannya, kata kunci dalam membangun ekosistem yang terkoneksi adalah model bisnis. Telkom menginginkan model bisnis digital yang dibangun memiliki aspek di area 3C yaitu Commerce, Customer, dan Competitor.

Aspek Commerce adalah bagaimana model bisnis yang dikembangkan bisa mendominasi digital enterprise commerce. Aspek Customer lebih ditekankan untuk mengembangkan model bisnis yang mengutamakan pengalaman digital pelanggan (digital customer experience) contohnya melalui digital touch point. Dan yang terakhir adalah aspek Competitor. (Baca juga: Siasat Telkom Bangun Ekosistem eTourism)

“Aspek ini paling sulit dilakukan karena Telkom harus bisa mengembangkan bisnis model kreatif yang mampu mendorong kemajuan industri digital Indonesia saat ini. Langkah Telkom Solution sebagai layanan total solusi ICT untuk memenuhi kebutuhan enterprise customer berdasarkan sektor industri selama ini sudah dijalur yang benar dan akan terus diperkuat,” pungkas Awaluddin.(id)

Artikel Terkait
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories