telkomsel halo

Jobplanet ungkap Perusahaan TI dengan Wawancara Kerja Paling Sulit

13:43:33 | 14 May 2016
Jobplanet ungkap Perusahaan TI dengan Wawancara Kerja Paling Sulit
Petugas di Grapari Telkomsel. Operator ini salah satu yang ketat dalam recruitment karyawan (dok)
JAKARTA (IndoTelko)  – Di era digital seperti sekarang ini, industri teknologi informasi (TI) dipandang oleh banyak orang sebagai industri yang dinamis dan menjanjikan, serta memiliki potensi untuk terus berkembang. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa banyak pencari kerja tertarik untuk bekerja di perusahaan TI.

Terkait dengan hal itu, Jobplanet (Jobplanet.com), platform komunitas online yang menampilkan informasi tentang perusahaan, termasuk review perusahaan, informasi gaji, dan kisi-kisi pertanyaan wawancara, mengadakan riset untuk mencari tahu tingkat kesulitan wawancara kerja di perusahaan TI di Indonesia.

Dalam riset ini, Jobplanet menggunakan sampel 900 perusahaan TI yang telah terdaftar dalam situsnya dan menganalisis informasi dari 3.500 orang responden yang pernah menjalani proses wawancara di perusahaan TI yang termasuk dalam sampel. Seluruh informasi dikumpulkan sejak Agustus 2015 hingga akhir April 2016 melalui situs Jobplanet.com.

Dari riset ini, Jobplanet menemukan sepuluh perusahaan TI dengan tingkat kesulitan wawancara paling tinggi. PT Microsoft Indonesia, PT Google Indonesia, PT Global Digital Niaga (Blibli.com), dan PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) ada di antaranya.

Selain itu, Jobplanet juga menganalisis tingkat kepuasan karyawan di sepuluh perusahaan tersebut untuk mencari tahu korelasi antara tingkat kesulitan wawancara di suatu perusahaan dengan tingkat kepuasan para karyawan di perusahaan tersebut.

Perlu diketahui, tingkat kesulitan wawancara kerja dalam platform Jobplanet dinilai dari skala 1 hingga 5, di mana nilai 1,0 mewakili “sangat mudah”, 3,0 mewakili “sedang”, dan nilai 5,0 mewakili “sangat sulit”. Secara keseluruhan, rata-rata tingkat kesulitan wawancara di perusahaan TI adalah 2,6.

Sementara itu, tingkat kepuasan karyawan dalam platform Jobplanet dinilai dari skala 1 hingga 5, di mana nilai 1,0 mewakili “sangat tidak puas”, 3,0 mewakili “cukup puas”, dan nilai 5,0 mewakili “sangat puas”. Secara keseluruhan, rata-rata tingkat kepuasan karyawan di perusahaan TI adalah 3,34.

“Kesepuluh perusahaan TI tersebut dinilai oleh para pengguna Jobplanet.com memiliki tingkat kesulitan wawancara paling tinggi, atau cukup jauh di atas rata-rata tingkat kesulitan wawancara di perusahaan TI secara keseluruhan yang sebesar 2,6,” ungkap Chief Product Officer Jobplanet di Indonesia Kemas Antonius dalam rilisnya.

Melalui risetnya ini, Jobplanet juga menemukan korelasi antara tingkat kesulitan wawancara kerja dengan tingkat kepuasan karyawan di suatu perusahaan. Perusahaan yang dikenal memiliki reputasi bagus biasanya memiliki tingkat kepuasan karyawan yang tinggi, karena dinilai memberikan kesejahteraan yang baik bagi para karyawannya. Selain itu, semakin bagus reputasi suatu perusahaan, akan semakin ketat pula proses rekrutmen karyawan di perusahaan tersebut.

“Berdasarkan analisis kami, kesepuluh perusahaan TI dengan tingkat kesulitan wawancara kerja yang cukup tinggi itu juga memiliki tingkat kepuasan karyawan yang terbilang tinggi dan di atas rata-rata,” pungkas Kemas.(pg)

Berikut daftar sepuluh perusahaan TI dengan tingkat kesulitan wawancara tertinggi versi Jobplanet:
PT Microsoft Indonesia
PT Sale Stock Indonesia
PT Datacomm Diangraha
PT Google Indonesia
PT Global Digital Niaga (Blibli.com)
PT Indonesia Epson Industry
PT Mitrais Indoservices
PT Packet System Indonesia
PT Ericsson Indonesia
PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year