Telkom Tuntaskan Pembangunan Tahap I Living Lab Smart City Nusantara

13:12:25 | 25 Apr 2016
Telkom Tuntaskan Pembangunan Tahap I Living Lab Smart City Nusantara
Ruangan Command Center dari Living Lab Smart City Nusantara (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) telah menuntaskan pembangunan tahap pertama fasilitas Living Lab Smart City Nusantara  dalam rangka mewujudkan percepatan implementasi Teknologi Informasi bagi pemerintah daerah untuk mewujudkan Smart Government.  

“Sesuai jadwal pembangunan zona I sudah selesai. Total fasilitas living lab smart city Nusantara terdiri dari tiga zona,” ungkap Direktur Enterprise dan Business Service Telkom Muhammad Awaluddin dalam sharing session regular dengan IndoTelko, kemarin.

Diungkapkannya, dalam zona pertama ini sudah diselesaikan fasilitas city command center, data center, co working space, lab simulator, dan aplikasi Machine to Machine (M2M).

“Kami akan gandeng startup yang fokus ke smart city dengan menyediakan co working space. Nanti juga kalau ada dari Pemerintah Daerah mau simulasi bisa disini. Ini Bakti Telkom bagi Negeri,” katanya.

EGM Telkom Divisi Government Service  Mohammad Salsabil menambahkan, akan mengoptimalkan fasilitas tersebut sebagai etalase dari layanan smart city milik Telkom. “Secara internal kita terus sosialisasikan operasional dan pemasarannya. Sejauh ini respons terhadap fasilitas ini bagus. Beberapa Gubernur di Kalimantan sudah mendaftarkan untuk visit dan benchmark ke living lab di akhir Mei ini,” pungkasnya.

Telkom Living Lab Smart City Nusantara berlokasi di kantor Telkom Gunung Sahari Jakarta Pusat. Tujuan dari Telkom Smart City Nusantara adalah untuk meningkatkan kemampuan pemerintahan daerah  mengembangkan dan mengimplementasikan konsep smart city secara baik dan benar namun tidak meninggalkan ciri khas daerah atau kearifan lokal dan budaya setempat. (Baca juga: Lab Smart city dari Telkom)

Telkom Smart City Nusantara  terdiri dari  Digital Broadband Infrastruktur sebagai platform dasar dan 7 Vertical Solution yang terdiri dari : Smart Government, Smart Education, Smart healthcare, Smart Security, Smart Transportation, Smart Environment dan Smart Citizen.(dn)

Artikel Terkait
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories