Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
HUT RI ke 75

Telkom Sukses Kawal Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer

10:19:35 | 08 Apr 2016
Telkom Sukses Kawal Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Anies Baswedan menyampaikan ucapan terimakasih kepada Telkom yang diwakili oleh Vice Presiden Corporate Communication Arif Prabowo dalam penyelenggaraan UNBK (dok)
Angkasa Pura 2
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko)  – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) sukses mendukung Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) atau disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan.

Seperti diketahui penyelenggaraan UNBK saat ini menggunakan sistem semi-online, yaitu soal ujian dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online (upload).

“Dalam pantauan Tim Telkom hingga selesainya tidak terdapat kendala jaringan yang mengakibatkan terganggunya proses UNBK,” ungkap Direktur Enterprise dan Business Service Telkom Muhammad Awaluddin kepada IndoTelko, Jumat (8/4).

UNBK tahun ini diikuti oleh 4381 SMA/MA/SMK dan SMP/MTS meningkat dibandingkan tahun lalu yang angkanya masih dibawah 1000 sekolah. Dari 4381 sekolah tersebut, sekitar 90% menggunakan akses Internet milik Telkom. Peserta UNBK 2016 diikuti oleh 921.862 siswa.

Telkom menyediakan  link network ke server utama yang melayani UNBK milik Pustekkom Diknas,  sekitar kurang lebih 7 Gbps ke 7 lokasi server baik di Jakarta maupun server-server yang tersebar di Jateng dan Jatim untuk membagi akses per wilayah.

“Kami all out untuk UNBK soalnya ini sangat penting bagi  pendidikan Bangsa. Kami bentuk   satgas khusus pengawalan UNBK 2016. Hal yg sama juga akan dilakukan Telkom saat pengamanan UNBK tingkat SMP awal Mei 2016,” katanya.

Secara terpisah, Deputy EGM Divisi Government Service Telkom Indrawan mengaku senang berhasil mengawal UNBK dengan sukses. “Event utama dan ujian susulan berhasil kami kawal dengan sukses,” katanya.

HUT RI ke 75
Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo mengatakan meskipun ada pemberitaan  gangguan di salah satu sekolah peserta UNBK, namun berdasarkan penelusuran Satgas UNBK Telkom yang stand by selama UNBK berlangsung diperoleh fakta bahwa gangguan tersebut lebih dikarenakan jaringan/server lokal di sekolah tersebut.

telkom sigma
“Secara keseluruhan semua berjalan lancar. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan juga memberikan apresiasi kepada semua orang dari berbagai pihak yang berada di belakang layar yang turut menyukseskan pelaksanan UNBK,” katanya.(id)

Smart City, satukan Negeri
Artikel Terkait
Kuota Ketengan