Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
HUT RI ke 75

Telkom Dukung Implementasi e-Puskesmas di Bogor

11:02:35 | 03 Apr 2016
Telkom Dukung Implementasi e-Puskesmas di Bogor
Suasana kerjasama Telkom dan Dinas Kesehatan Pemkab Bogor (dok:TLKM)
Angkasa Pura 2
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) mendukung implementasi aplikasi e-Puskesmas di Kabupaten Bogor.

“Kami berikan dukungan penuh bagi 102 Puskesmas di Kabupaten Bogor untuk aplikasi e-Puskesmas. Ini salah satu bakti Telkom bagi negeri,” kata Direktur Enterprise dan Business Service Telkom Muhammad Awaluddin dalam regular sharing session dengan IndoTelko, kemarin.

Dijelaskannya,solusi e-Puskesmas  merupakan salah satu solusi smart health dari Konsep Telkom Smart City Nusantara dari Telkom Indonesia. “Telkom akan memberikan solusi terbaik dengan penyiapan akses yang didukung serat optik,” katanya. (Baca juga: Living Lab Smart City Nusantara)

Adapun keunggulan dari solusi e-Puskesmas diantaranya: bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat melalui kemudahan dalam registrasi/pendaftaran puskesmas. Meningkatkan pengelolaan atau manajemen puskesmas dengan adanya aplikasi online antar bagian maka pelayanan lebih cepat, transparan dan termonitor.

HUT RI ke 75
Bagi Dinas kesehatan dapat mengontrol lebih efisien semua lokasi puskesmas melalui dashboard dan CCTV tanpa selalu harus melakukan fisik. Selain itu, pengambilan keputusan bisa lebih cepat karena data sudah tersedia secara realtime, semisal apabila terjadi wabah penyakit di suatu lokasi. Berikutnya, pelaporan rutin dan penyampaian data lebih cepat, serta sudah disesuaikan dengan standar Dinas Kesehatan.

telkom sigma
Untuk tahap awal layanan e-puskesmas di 102 unit puskesmas di wilayah Kabupaten Bogor itu akan diintegrasikan langsung secara online dengan rumah sakit, dan BPJS Kesehatan melalui aplikasi E-health.(wn)

Smart City, satukan Negeri
Artikel Terkait
Kuota Ketengan