Operator Siap Dukung Digital Banking

15:40:48 | 19 Mar 2016
Operator Siap Dukung Digital Banking
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Operator seluler menyatakan siap mendukung implementasi digital banking bagi perbankan.

“Kita siap dukung digital banking. Kami sedang tunggu panggilan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk koordinasi hal tersebut,” ungkap Wakil Direktur Utama Tri Indonesia Muhammad Danny Buldansyah, kemarin.

OJK sendiri telah membentuk tim task force guna mengkaji penerapan digital banking di perbankan Indonesia. Task force diharapkan dapat memberi rekomendasi yang dapat menghadapi tantangan industri sekaligus mengoptimalisasi layanan digital banking di Tanah Air.

Menurut Kepala Eksekutif Pengawasan Perbankan OJK Nelson Tampubolon optimalisasi layanan perbankan digital sejalan dengan kebijakan Presiden Joko Widodo untuk mendorong digital economy.  

“Nanti perlu dibahas  hubungan antara industri perbankan dan telekomunikasi, pengamanan informasi, dan keselarasan aturan antar regulator juga merupakan bagian dari tantangan. Task force akan memberikan guideline penerapan digital banking,” ujarnya.

Tim task force digital banking yang terbentuk telah berdiskusi dengan beragam stakeholder, antara lain Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI), Kementerian Komunikasi dan Informatika, maupun Desk Ketahanan dan Keamanan Informasi Cyber Nasional.

Dalam mengembangkan layanan digital banking, OJK menilai perbankan perlu menggunakan single data identity, persiapkan infrastruktur TI yang handal, dan memperhatikan standarisasi, serta keamanan. Sementara dari sisi pelaku seluler diharapkan adanya keberhasilan dalam menerapkan registrasi kartu prabayar agar data yang didapat valid dan solid.(ak)

Artikel Terkait
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories