Paket Phoenix
Paket Phoenix

Telkom akan Hadirkan Seribu Taman Bacaan Digital

08:58:55 | 18 Mar 2016
Telkom akan Hadirkan Seribu Taman Bacaan Digital
Suasana kerjasama Telkom dan Balai Pustaka untuk Taman Bacaan Digital (dok:TLKM)
Angkasa Pura 2
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) akan menghadirkan seribu Telkom e-Book Corner atau Taman Bacaan Digital pada tahun 2016.

Program seribu Taman Bacaan Digital ini  merupakan bagian kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dan Sinergi BUMN dalam bingkai Program “BUMN Hadir untuk Negeri”.

Program menghadirkan Taman Bacaan Digital merupakan perwujudan komitmen Telkom sesuai Program CSR Telkom yang salah satunya fokus untuk turut memajukan pendidikan di  Indonesia.

Taman Bacaan Digital tersebut nantinya hadir di tengah-tengah masyarakat dan dapat digunakan secara gratis, termasuk dalam mengakses konten-konten digital yang tersedia melalui perangkat komputer yang tersedia.

Guna memperkaya koleksi literatur Taman Bacaan Digital tersebut, Telkom bersinergi dengan PT Balai Pustaka (Persero) yang dikenal memiliki koleksi karya-karya sastra terkenal. Sinergi tersebut dituangkan dalam Nota Kesepahaman yang ditandatangani oleh Direktur Innovation and Strategic Portfolio Telkom, Indra Utoyo dan Direktur Utama Balai Pustaka, Saiful Bahri di Jakarta, pada 17 Maret 2016.

Deputi BUMN Bidang Pertambangan, Industri Strategis, dan Media (PISM), Fajar Harry Sampurno yang hadir pada acara penandatangan nota kesepahaman tersebut menyambut baik kerjasama Telkom dan Balai Pustaka tersebut. “Kerjasama ini merupakan kolaborasi dua BUMN untuk mencerdaskan kehidupan bangsa,” ujarnya dalam keterangan tertulis, kemarin.

Sementara itu Direktur Utama Balai Pustaka Saiful Bahri menyatakan bahwa kerjasama Telkom-Balai Pustaka merupakan bentuk sinergi yang sejalan dengan program BUMN Hadir Untuk Negeri. ”Sinergi ini akan lebih memotivasi kami untuk meningkatkan minat baca di kalangan masyarakat,” tegas Saiful Bahri.

Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga yang juga hadir  pada acara tersebut mengatakan, Telkom dan Balai Pustaka berkomitmen untuk melakukan sinergi digital literature dan melakukan inovasi-inovasi bersama untuk mendukung transformasi bisnis Balai Pustaka ke arah multimedia.

Sesuai kesepakatan tersebut, Telkom akan menyediakan platform digital untuk buku-buku Balai Pustaka dan rencana sinergi join innovation multimedia education.

“Melalui kerjasama ini, diharapkan terbentuk digital experience yang positif pada pembaca sehingga sinergi ini dapat menjadi salah satu langkah strategis bagi kedua BUMN untuk berkembang bersama. Telkom sebagai digital company  siap mendukung transformasi binis Balai Pustaka,” kata Alex.

Telkom berharap kerjasama ini dapat membantu Balai Pustaka dalam solusi market untuk produk digital literatur berupa taman bacaan, tabelt edukasi dan bundling konten edukasi, termasuk dalam mendapatkan channel distribusi kepada konsumen.

Lebih lanjut Alex mengatakan Telkom sebagai BUMN Telekomunikasi di Indonesia, berkomitmen memajukan pendidikan Indonesia, khususnya melalui konten-konten bermuatan nasional, seperti yang selama ini dimiliki Balai Pustaka.

Selain itu dengan adanya media digital diharapkan dapat mengubah experience masyarakat dalam membaca atau belajar, artinya belajar tidak hanya mengunakan text book namun juga dapat menggunakan animasi atau multimedia sehingga belajar pun menjadi lebih menyenangkan.

“Ketersediaan literatur digital  di Taman Bacaan Digital yang didukung oleh coverage Telkom Group yang luas diyakini dapat menembus batas waktu dan tempat atau geografis,” terang Alex.

Ditegaskannya, Telkom berkomitmen untuk memajukan pendidikan Indonesia, khususnya melalui konten-konten bermuatan nasional Indonesia seperti yang selama ini dimiliki Balai Pustaka.

telkom sigma
“Buku-buku sastra terbitan Balai Pustaka, seperti Siti Nurbaya, Salah Asuhan, dan Layar Terkembang yang terkenal di era terdahulu seharusnya menjadi karya yang juga dikenal dekat oleh anak-anak Indonesia saat ini,” tegasnya.(ak)

Smart City, satukan Negeri
Artikel Terkait
Kuota Ketengan