Paket Phoenix
Paket Phoenix

Kunci Sukses Terjun ke Bisnis Digital

12:01:27 | 16 Mar 2016
Kunci Sukses Terjun ke Bisnis Digital
Ilustrasi (dok)
Angkasa Pura 2
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) – Indonesia dianggap sebagai salah satu negara yang akan berbicara banyak di era ekonomi digital.

Anak-anak muda pun mulai banyak mendirikan perusahaan rintisan (startup) dan berharap dilirik oleh pemodal ventura untuk membesar kan bisnis.

"Semakin banyak orang yang terjun untuk menjadi pengusaha, makan akan semakin bagus dampaknya bagi ekonomi kita,”  kata Managing Partner Ideosurce VC & Board of Bhinneka.com Andi S Boediman, kemarin.

Diingatkannya, hal  paling penting bagi seseorang yang ingin terjun di dunia bisnis, khususnya bisnis digital adalah kemampuan untuk menjadi founder. Kemampuan menjadi nilai utama yang akan menentukan sukses tidaknya bisnis yang akan dijalani oleh startup

Menurutnya, ada tiga hal yang bisa menjadi ukuran  seseorang layak disebut founder atau tidak, yaitu hacker, hipster, dan hustler. “Ketiga kriteria ini wajib dimiliki seseorang atau sekelompok orang yang ingin sukses di dunia bisnis online,” katanya.

Seseorang atau kelompok orang yang menguasai ketiga karakter di atas dengan kuat, memiliki kemungkinan yang besar untuk mudah mendapatkan modal ventura.

Dijelaskannya, di era bisnis digital saat ini, modal merupakan salah satu bagian penting dan modal ventura salah satu yang dilirik.

Modal ventura yaitu investasi berbentuk pembiayaan berupa penyertaan modal ke dalam perusahaan rekanan berjangka waktu tertentu. Modal tersebut berbentuk tunai dan ditukar dalam bentuk saham perusahaan dari perusahaan rekanan.

Penilaian mengenai layak tidaknya sebuah perusahaan baru mendapatkan modal ventura harus melalui metode riset bisnis yang detail dan komprehensif.

Penyertaan modal yang paling kecil adalah seed capital atau seed A yang memiliki pendanaan antara US$ 150 ribu – US$ 500 ribu untuk tahap awal. Jika berlanjut, akan dikeluarkan Seri A dengan nominal antara US$ 1 juta  – US$ 3 juta.

telkom sigma
“Persaingan untuk mendapatkan modal ventura ini sangatlah ketat. Dibutuhkan ide bisnis yang inovatif dan disruptif untuk menarik modal ventura,” katanya.(wn)

Smart City, satukan Negeri
Artikel Terkait
Kuota Ketengan