Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya

Juni, Kemenkominfo akan Evaluasi Proses Penataan Konten Internet

11:29:56 | 25 Feb 2016
Juni, Kemenkominfo akan Evaluasi Proses Penataan Konten Internet
Rudiantara (dok)
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) – Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengungkapkan pada bulan Juni tahun ini akan ada evaluasi dari proses penataan konten yang dilakukan.

Hal itu didorong adanya perkembangan variasi konten di dunia maya dan Pemerintah tidak bisa terus mengontrol konten melainkan tetap melakukan pengaturan untuk melindungi masyarakat sebagai pengguna internet.

“Kalau di negara lain konten semacam pornografi dan perjudian dilegalkan, akan tetapi di Indonesia konten tersebut melanggar hukum,” jelas Menkominfo Rudiantara, kemarin.

Menurutnya, pelaksanaan Tata Kelola Internet (internet governance) di Indonesia tidak hanya sekadar mencakup permasalahan teknologi, namun juga penataan konten yang ada di dunia maya.

"Penataan internet di Indonesia lebih fokus pada konten. Kami tidak hanya sekadar memperhatikan penggunaan teknologinya akan tetapi fokus pada kontennya,” paparnya.

Ditambahkannya,  penataan internet lebih baik harus memberi perlakuan yang adil (fairness treatment), proses yang lebih transparan (more transparent process) dan akuntabilitas (accountability). "Hal-hal ini sebenarnya sudah bagus, akan tetapi belum membuat saya happy karena sebenarnya belum cukup,” jelas Menkominfo.

Dikisahkannya,  ketika awal  menjabat, ia melihat ada otoritas yang penuh dalam pengaturan masalah konten di Indonesia yang dilakukan Kementerian Kominfo. "Apakah konten tersebut kita biarkan terus ada ataukah secara ekstrim langsung diblokir. Namun setelah saya membahas dengan para kolega dan para stakeholder mengenai itu, ada kesepakatan bahwa itu bukanlah cara baik dalam penataan internet, akan tetapi dengan membentuk Tata Cara Penataan Internet yang tepat," papar Rudiantara.

Selanjutnya, menurut Menkominfo, kementerian yang dipimpinnya membentuk Tim Panel sekitar April tahun 2015.. " Tim ini lalu, yang terdiri dari orang yang berkompeten, yakni pemerintah, dan kelompok masyarakat serta stakeholders yang berkompoten dengan isu yang berkembang pada konten tersebut," tegas Rudiantara.

Bakti
Menurut Menkominfo, permasalahan yang menjadi perhatiannya saat ini adalah bagaimana pemerintah meningkatkan penataan internet dengan meninjau kembali proses yang telah berlangsung saat ini.

telkom sigma
"Apakah proses tersebut  sudah proses yang terbaik, mengingat begitu dinamisnya konten internet itu sendiri dan juga adanya audit oleh pihak ketiga yang independen yang tidak ada sangkutpautnya dengan para anggota Tim Panel," tuturnya.
 
Rudiantara menegaskan, kunci sukses penatakelolaan internet di Indonesia akan bergantung pada orang-orang penting di dalam Tim Panel. “Key of success of this panel is depend on the process, depend on the person. Namun dibutuhkan juga kesabaran dan dedikasi terhadap panel ini agar hasil yang dicapai juga baik,” tuturnya.(wn)

Artikel Terkait
Telkom DES
More Stories
Indonesia Digital Network
Financial Analysis
XL kurangi kepemilikan di PDGDC