Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya

Jokowi: Potensi Ekonomi Digital jangan Hanya Dimanfaatkan Negara Asing

06:30:06 | 18 Feb 2016
Jokowi: Potensi Ekonomi Digital jangan Hanya Dimanfaatkan Negara Asing
Ilustrasi (dok)
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) –  Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengharapkan potensi ekonomi digital di Indonesia yang besar tak hanya dimanfaatkan negara-negara asing saja.

“Saya harapkan potensi  yang ada di sini (Amerika Serikat) untuk pulang membangun ekonomi digital Indonesia. Menjadi seorang pengusaha perlu berjuang dan pengalaman di Silicon Valley menjadi nilai tambah,” ungkap Presiden kala bertemu dengan masyarakat Indonesia di Amerika Serikat, kemarin.

Menurutnya, masyarakat harus siap menghadapi persaingan, bangkit dan membangun dan membenahi. “Ini kesempatan buat anak-anak muda. Saat ini peluangnya, kalau nanti-nanti akan mungkin menjadi semakin sulit. Dalam lima tahun kita ingin menciptakan technoprenuer. Kalau tidak kita ketinggalan,” katanya.

Dijanjikannya, pemerintah akan mempermudah perizinan bagi para startup, memotong birokrasi dan mendorong  modal ventura. “Peluang di Indonesia sangat besar. Kita juga terus kerjakan pembangunan infrastruktur mendukung seperti jaringan broadband ke daerah-daerah,” katanya. (Baca juga: Revolusi Digital)

Bakti
Menkominfo Rudiantara menambahkan, potensi digital ekonomi dapat tergali dan tercapai dengan cepat jika ada percepatan. “Makanya ada roadmap eCommerce yang sebentar lagi dituangkan dalam Perpres,” katanya. (Baca juga: Promosi Indonesia di AS)

telkom sigma
Ditegaskannya, pemerintah akan melindungi startup yang masih kecil-kecil sebagai Usaha Kecil dan Menengah (UKM). “Kalau sudah maju harus diberi jalan untuk friendly investasi. Kita juga siapkan bagi pelaku industri plaform dan ecommerce berupa safeharbor agar ada perlindungan operasional untuk menjaga continuity,” pungkasnya.(wn)

Artikel Terkait
Telkom DES
More Stories
Indonesia Digital Network
Financial Analysis
XL kurangi kepemilikan di PDGDC