Telkom Marketing 2
Telkom Marketing 2
blanja 2019
telkomsel halo

Cara Alcatel-Lucent Turunkan Biaya Operasional Operator

09:19:53 | 17 Dec 2015
Cara Alcatel-Lucent Turunkan Biaya Operasional Operator
Pengguna smartphone ber-selfie. Di saat industri memasuki abad Gigabit, ada sejumlah tantangan harus dihadapi operator salah satunya beban operasional yang terus naik. (dok)
telkomsat
telkomtelstra januari - maret
PARIS (IndoTelko) – Bell Labs, lembaga penelitian industri Alcatel-Lucent, mengungkapkan bahwa para penyelenggara layanan telekomunikasi dapat secara dramatis menurunkan biaya operasi mereka hingga 40% melalui virtualisasi fungsi-fungsi kompleks di gateway residensial ke dalam jaringan cloud.

Gateway residensial memainkan peran penting dalam mengkoneksikan jaringan-jaringan rumah ke Internet.

Ketika jaringan-jaringan rumah berevolusi untuk dapat menangani lebih banyak lalu lintas data rumah tangga, dengan aplikasi-aplikasi berbasis cloud serta kenaikkan permintaan akan kecepatan akses 100 Mbps atau lebih, gateway residensial harus menjadi lebih mumpuni dan, sebagai hasilnya, lebih kompleks.

Dengan bertambahnya kompleksitas, potensi akan masalah-masalah bantuan juga akan meningkat, dan pada gilirannya, terjadi kenaikkan biaya bagi para penyelenggara layanan, khususnya panggilan perbaikan dari konsumen perumahan.

Gateway residensial virtual (virtualized residensial gateway/vRGW) mengatasi masalah ini dengan memindahkan fungsi-fungsi seperti IP routing dan Network Address Translation (NAT) ke dalam cloud, bersama dengan manajemen dan kontrol terpusat.

Hal ini memungkinkan para penyelenggara layanan memperkenalkan sebuah model gateway yang lebih disederhanakan, membuatnya menjadi lebih mudah bagi pengguna untuk meng-install, mengoperasikan serta memelihara jaringan rumah mereka, tanpa harus meminta bantuan servis ke rumah.

Bell Labs memperkirakan bahwa vRGW dapat menurunkan biaya servis, jaminan dan manajemen siklus hidup hingga 40%. Selain dari menurunkan biaya operasi serta meningkatkan pengalaman konsumen, sebuah model gateway virtual memungkinkan perkenalan lebih cepat layanan-layanan baru serta lebih konsisten di seluruh basis terpasang dari perangkat gateway residensial.

Telkom Marketing 2
Solusi gateway residensial virtual Alcatel-Lucent didukung oleh SR 7750 dan lini produk Virtualized Service Router, dan dilengkapi oleh Motive vRGW Controller serta lini produk ISAM CPE 7368 dan ONT. Solusi vRGW perusahaan telah tersedia saat ini, dengan kapabilitas lebih ketika diperkenalkan di paruh pertama 2016.

Wakil Presiden dan General Manager, IP Routing & Software, Alcatel-Lucent Sri Reddy  mengatakan,  di saat industri memasuki abad rumah Gigabit dimana lebih banyak komputer pribadi, perangkat konsumen dan gadget pengguna terkoneksi ke Internet, ada tantangan lain dimana   biaya dan kompleksitas meningkat, pertumbuhan pelanggan stagnan, dan revenue rata-rata per pergguna terus menerus menurun.

Angkasa Pura 2
“Dengan memanfaatkan virtualisasi fungsi jaringan kami dapat memindahkan kompleksitas ini ke dalam jaringan yang dapat membantu menurunkan biaya para penyelenggara layanan serta kompleksitas bagi para pengguna akhir. Dan keduanya akan mendapat manfaat dari pemecahan masalah dan aktivasi layanan lebih cepat,” katanya.(ak)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma