Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

Oracle Perkuat Prosesor Sparc

09:24:20 | 28 Okt 2015
Oracle Perkuat Prosesor Sparc
Ilustrasi (dok)
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) –  Oracle mengumumkan sistem SPARC terbaru  yang dibangun di atas microprocessor 32-core, 256-thread SPARC M7.

Sistem ini memiliki fitur Security in Silicon untuk perlindungan intrusi dan enkripsi yang canggih. SQL in Silicon yang memberikan efisiensi database tidak parallel; dan kinerja kelas dunia untuk aplikasi perusahaan, big data, dan cloud.

Sistem SPARC M7 berbasis prosesor yang baru, termasuk Oracle SuperCluster M7 engineered system dan server SPARC T7 dan M7 didesain untuk mengintegrasi infrastruktur yang sudah ada secara mulus dan memasukkan virtualisasi terintegrasi serta manajemen untuk cloud.

Semua aplikasi komersil dan kustom yang sudah ada akan dijalankan di sistem SPARC M7 dengan peningkatan signifikan dalam segi keamanan, efisiensi, dan kinerjanya. Selain itu, SPARC M7 merupakan platform terbuka yang bisa digunakan developer untuk menciptakan perangkat lunak baru dan memanfaatkan kemampuan Security in Silicon dan SQL in Silicon.

Adapun sistem Sparc terbaru ini memiliki keunggulan pada  Silicon Secured Memory yang  menambahkan fitur pemeriksaan akses ke data di memori secara real-time untuk bantu melindungi intrusi serta kode program yang cacat di dalam produksi untuk meningkatkan keamanan serta keandalan.

Perlindungan Silicon Secured Memory digunakan oleh Oracle Database 12c secara default. Fitur ini sederhana dan mudah untuk dinyalakan di aplikasi yang sudah ada. Oracle juga menyediakan pemograman tampilan antarmuka aplikasi untuk kostumisasi terdepan.

Berikutnya ada Hardware-Assisted Encryption dimana kinerja terbaru dengan enkripsi yang dibantu perangkat keras, dibangun di dalam 32 core, memungkinkan terjadinya penggunaan tanpa pinalti kinerja.   

Sementara SQL in Silicon menambahkan co-processor ke seluruh 32 core di SPARC M7 yang meng-offload dan mengakselerasi fungsi data penting, meningkatkan efisiensi dan kinerja aplikasi database.

Paket Semangat Kemerdekaan
Fungsi-fungsi penting yang ditingkatkan co-processor baru ini, antara lain memory de-compression, memory scan, range scan, pemfilteran, dan join assist. Meng-offload fungsi-fungsi ini ke co-processor dapat meningkatkan efisiensi tiap core CPU, menurunkan penggunaan memori, dan meningkatkan kinerja database query sebanyak 10 kali lipat.

Oracle Database 12c In-Memory mendukung kemampuan ini di rilis terbarunya. Selain itu, fungsionalitas baru ini disediakan untuk membangun platform analitik big data generasi berikutnya.

“Hingga kini, tidak ada platform komputasi yang bisa menaklukan komputasi tanpa mempengaruhi kinerja aplikasi dan efisiensi,” kata Executive Vice President, Systems, Oracle John Fowler dalam keterangan tertulisnya, Rabu (28/10).(ak)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Financial Analysis
Sah! Indosat dan Tri merger
Telkom Digital Permata