Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

Alcatel-Lucent Bikin Jaringan Operator Tak Usang di Era 5G

08:37:48 | 21 Okt 2015
Alcatel-Lucent Bikin Jaringan Operator Tak Usang di Era 5G
Ilustrasi (dok)
Angkasa Pura 2
LONDON (IndoTelko)  – Alcatel-Lucent meluncurkan inovasi teknologi tembaga dan serat terkemuka di industri yang akan memungkinkan operator mampu memenuhi kebutuhan akan layanan akses ultra-broadband saat ini dan masa depan, termasuk menangani kebutuhan kritis akan kinerja dan kapasitas untuk memenuhi janji jaringan 5G.

Teknologi ini membuat jaringan operator tak akan usang di era 5G dimana kecepatan akses ultra-broadband 1 gigabit per detik atau bahkan lebih tengah berekspansi dari ranah perusahaan menuju ranah konsumen.

Hal ini ditunjukkan dengan sinyal pada akhir 2015 lebih dari 40 juta TV 4K1 akan hadir di rumah-rumah dan pada 2020 jumlah perangkat terkoneksi diperkirakan akan mencapai 50-100 miliar.

Dalam keterangannya, Alcatel-Lucent memanfaatkan ajang Broadband World Forum tahununtuk pamer tiga teknologi baru akses tetap serat dan tembaga yakni  

Micronode multi-port G.fast dan teknologi vectoring 2.0 canggih dan baru dari Alcatel-Lucent, memungkinkan operator meningkatkan G.fast untuk mempercepat penggelaran Fiber-to-the-Home dan membawa kecepatan gigabit ke berbagai perumahan yang sudah menggunakan infrastrutur tembaga, menghapuskan kebutuhan pemasangan kabel dalam-gedung yang memakan waktu dan biaya.

Produk-produk Vplus dari Alcatel-Lucent yang tersedia secara komersial untuk pertama kali nya, akan menutup kesenjangan antara vectoring VDSL2 dan G.fast, memberikan cara cepat, sederhana serta hemat biaya untuk menghantarkan akses ultra-broadband berkecepatan lebih tinggi pada jarak yang lebih panjang kepada lebih banyak konsumen.

Paket Semangat Kemerdekaan
Perluasan portfolio TWDM-PON (Time and Wavelength Division Multiplexed Passive Optical Networks), termasuk sebuah unit jaringan optik baru untuk penggelaran rumah dan peningkatan platform Fiber-to-the-home yang menaikkan kapasitas uplink dan switching, penting untuk penggelaran multiple-gigabit skala besar. Alcatel-Lucent juga akan memperkenalkan beberapa fitur baru dari Network Management System untuk menyederhanakan pengelolaan dan provisi teknologi GPON dan TWDM pada jaringan serat yang sama.

Menurut Presiden lini bisnis Fixed Access Alcatel-Lucent Federico Guillén dunia saat ini sedang berubah menjadi nirkabel, tetapi nirkabel akan berubah menjadi jaringan tetap.

“Alcatel-Lucent memiliki kelengkapan unik untuk membantu operator mengatasi situasi apapun yang mungkin mereka hadapi saat ini maupun di masa yang akan datang. Secara kolektif teknologi-teknologi ini akan memainkan peran penting dalam membantu operator mengubah jaringan tetap mereka menjadi aset penting yang akan memungkinkan 5G,” katanya.(wn)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Telkom Digital Permata