Telkom akan Gelar Hackathon Merdeka 2.0

14:49:19 | 19 Okt 2015
Telkom akan Gelar Hackathon Merdeka 2.0
Indra Utoyo (kanan) dan Menkominfo Rudiantara (tengah) kala memaparkan kegiatan Hackathon Merdeka 2.0 (dok)
JAKARTA (IndoTelko)   –  PT Telekomunikasi  Indonesia Tbk  (Telkom) bersama dengan dengan forum IT Code4Nation akan menggelar ajang Hackathon Merdeka 2.0 serentak di 28 kota pada tanggal 24- 25 Oktober 2015.

Acara pembukaan akan dipusatkan di Bandung Digital Valley (BDV) Telkom Bandung pada tanggal 24 Oktober 2015 yang menurut rencana akan dihadiri sejumlah menteri Kabinet Kerja.

Hackathon Merdeka 2.0 merupakan kelanjutan dari kegiatan yang sama sebelumnya yang telah berlangsung di bulan Agustus 2015 dan mendapat apresiasi dari Presiden Republik Indonesia.

Hackathon Merdeka yang diinisiasi oleh Code4Nation merupakan kompetisi pembuatan konten aplikasi yang memanfaatkan teknologi informasi guna memecahkan permasalahan nasional.

Menurut Direktur Innovation and Strategic Portfolio Telkom Indra Utoyo peran aktif Telkom dalam Hackathon Merdeka menunjukkan komitmen Telkom sebagai katalis tumbuhnya industri kreatif digital di Indonesia.

“Hackathon Merdeka dipandang sebagai gerakan horizontal 2.0 yang menumbuhkan digitalpreneur di Indonesia dan memiliki impact yang maksimal dalam menggalang komunitas IT di Indonesia yang sebagian besar merupakan Gen Y yang kreatif dan inovatif bagi masa depan Indonesia,”kata Indra di Jakarta, Senin (19/10).

Hackathon Merdeka 2.0 yang menurut rencana berlangsung serentak di 28 kota yaitu Banda Aceh, Toba, Medan, Pekanbaru, Palembang, Belitung, Tangerang, Depok, Bogor, Bandung, Cirebon, Garut, Banyumas, Wonosobo, Semarang, Jogja, Surabaya, Malang, Pontianak, Balikpapan, Makassar, Mamuju, Manado, Denpasar, Sumbawa, Ambon, Jayapura dan Sydney akan mengusung tema Masalah Data Kependudukan atau Civic Empowerment (Citizen Centric).

Kependudukan adalah pondasi data yang mesti dimiliki oleh pemerintah untuk menjadi basis penetapan kebijakan dan layanan kepada masyarakat. “Jadi jelas pelaksanaan Hackthon Merdeka 2.0 ini bertujuan  menghadirkan sejumlah solusi untuk pemecahan masalah pengumpulan data yang cepat dan akurat tentang kependudukan,” ujar Indra.

Pada pelaksanaan Hackathon Merdeka 2.0, Telkom akan memberikan dukungan penuh antara lain berupa lokasi pelaksanaan yang akan memanfaatkan Digital Valley, Digital Lounge serta Kantor Telkom di seluruh Indonesia, selain juga dukungan berupa internet connectivity, hosting, streaming dan Logistik.

Event ini terbuka untuk umum. Peserta dapat melakukan registrasi sebagai individu atau tim dengan jumlah anggota tim sekitar 2 - 3 orang.  Registrasi peserta dapat dilakukan secara online melalui https://hackathonmerdeka.id/registrasi.(id)

Artikel Terkait
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories