Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

Berkat Alcatel-Lucent, Komunikasi di Eurotunnel Lancar

12:13:19 | 24 Sep 2015
Berkat Alcatel-Lucent, Komunikasi di Eurotunnel Lancar
Ilustrasi (dok)
Angkasa Pura 2
PARIS (IndoTelko)  – Alcatel-Lucent akan menyediakan teknologi jejaring optik tangkas-nya bagi Eurotunnel untuk mengumpulkan seluruh layanan dan aplikasi komunikasi operasional ke dalam sebuah jaringan data tunggal.

Penggelaran teknologi transport optik Alcatel-Lucent – termasuk platform Photonic Service Switch 1830 (1830 Photonic Service Switch) – akan membantu operator Terowongan Channel, yang menghubungkan Perancis dan Inggris, memastikan penyeberangan yang aman serta tepat waktu bagi para pengguna layanan Eurostar dan Le Shuttle – layanan transportasi penumpang, kendaraan serta kargo.

Karena lalu lintas kargo serta penumpang melalui Terowongan Channel terus mengalami peningkatan setiap tahunnya, operator Eurotunnel membutuhkan sebuah jaringan komunikasi tunggal untuk mendukung berbagai layanan ‘mission’ critical’  yang telah ada maupun yang telah diperbarui, termasuk closed-circuit TV, pengelolaan lalu lintas, persinyalan, komunikasi suara dan pesan.

Teknologi jaringan optik yang diperkuat sesuai lingkungan dari Alcatel-Lucent akan digunakan di sepanjang jalur terowongan Utara dan Selatan, untuk memastikan kinerja tinggi secara terus menerus di lingkungan operasi yang keras. Berdasarkan kontrak yang berjangka lima tahun lebih, Alcatel-Lucent juga akan memberikan pelatihan, pemeliharaan jaringan serta dukungan sistem.

Paket Semangat Kemerdekaan
Penggelaran bersama Eurotunnel adalah contoh terbaik bagaimana industri transportasi sedang melalui transisi menuju teknologi IP dan optik WDM (Wavelength Division Multiplexing) untuk mendukung berbagai kebutuhan operasional. Selain itu, perjanjian dengan Eurotunnel menyoroti lebih lanjut upaya Alcatel-Lucent mendiversifikasi basis konsumennya yang bukan merupakan penyelenggara layanan telekomunikasi tradisional.

“Di tahun 2014, Eurootunnel meraih pencapaian besar pertamanya bersama Alcatel-Lucent dengan tersedianya layanan 3G/4G di kedalaman 100 meter di bawah permukaan laut untuk para penumpangnya yang jumlahnya mencapai 21 juta setiap tahunnya. Tahap berikutnya sedang dalam pengerjaan dan akan sama spektakulernya melihat dari kompleksitas penggelaran GSM-R di dalam terowongan,” kata Chief Operating Officer Konsesi Eurotunnel Michel Boudoussier.

Country Sales Officer Alcatel-Lucent Perancis Matthieu Bourguignon mengharapkan diperluasnya  hubungan perseroan dengan Eurotunnel melalui proyek ini berlanjut dengan  operator transportasi lainnya.(id)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Financial Analysis
Sah! Indosat dan Tri merger
Telkom Digital Permata