telkomsel halo

Qualcomm Buka Peluang Kerjasama dengan Design House

15:37:09 | 02 Sep 2015
Qualcomm Buka Peluang Kerjasama dengan Design House
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Produsen chipset Qualcomm akan menggenjot bisnisnya dengan membuka peluang kerjasama dengan design house di Indonesia.   

Country Director Qualcomm Indonesia Shannedy Ong mengungkapkan perseroan  membuka kemungkinan membangun design house di Indonesia.

“Terkait dengan design house, saat ini semua masih on-going discussion. Apa yang sudah kita lakukan dengan Pak Sam (TSM Technologies) adalah salah satu inisiatif yang mau kita tuju untuk ke depannya. Qualcomm sendiri membuka kesempatan untuk bekerja sama dengan perusahaan lokal jika ingin mengadopsi kolaborasi yang mirip seperti yang dilakukan oleh Pak Sam dari TSM Technologies,” katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (2/9).

Shannedy memberikan keterangan tertulis terkait dengan pemberitaan dari IndoTelko.com tentang Qualcomm ingin menggenjot bisnis 4G yang ditayangkan pada 22 Agustus 2015. (Baca juga: Qualcomm ingin genjot 4G)

Dalam klarifikasinya juga dinyatakan terkait ketersediaan smartphone 4G yang murah di pasar,  semua tergantung pada OEM.

“Qualcomm selalu berusaha untuk membantu mereka mematuhi peraturan dari pemerintah. Tapi biar bagaimana pun kita juga harus tetap bekerjasama dengan OEM dan ODM lokal untuk mematuhi peraturan tanpa mengorbankan kualitas produk,” tulisnya.

Ditambahkannya, Qualcomm tidak membahas mengenai masalah sumber daya manusia untuk pengembangan design house lokal seperti yang ditulis di artikel 22 Agustus 2015.

Seperti  diketahui,  PT Tata Sarana Mandiri (TSM Technologies) adalah salah satu perusahaan yang mampu mendesain smartphone 4G. Dalam merancang desain, TSM mengacu pada reference design dari Qualcomm. Chip yang dipakai pun adalah seri Snapdragon besutan Qualcomm.

Skematik rancangan smartphone dari Qualcomm itu lantas dimodifikasi sesuai dengan permintaan vendor ponsel yang menjadi klien. Bentuk akhirnya bisa berupa rancangan papan PCB, atau desain ponsel utuh yang kemudian bisa diserahkan ke rekanan manufaktur untuk diproduksi.(wn/dn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year