telkomsel halo

Melihat Wajah Pengguna Smartphone di Indonesia

10:53:52 | 16 Jul 2015
Melihat Wajah Pengguna Smartphone di Indonesia
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko)  - Baidu Browser belum lama ini merilis data sepanjang kuartal kedua 2015 tentang penggunaan smartphone di Indonesia.

Dari data tersebut terlihat orang Indonesia setiap harinya rata-rata menghabiskan waktu sekitar 26 menit untuk menjelajah internet dengan perangkat mobile dengan rata-rata kunjungan ke 31 situs web setiap harinya. Total jumlah pencarian yang dilakukan oleh pengguna mencapai lebih dari 33 juta pencarian.

Baidu juga mengungkapkan minat orang Indonesia membaca informasi (berita) didominasi oleh pemberitaan berskala nasional (26,6%). Disusul dengan hiburan (22%), gaya hidup (21,3%), internasional (13,3%) dan politik (8,6%).

Komposisi ketertarikan terhadap konten di kuartal kedua ini berubah dibandingkan kuartal I lalu. Pada Q1/2015 kategori hiburan menempati posisi keempat dengan porsi sebesar 14%  dan kategori berita politik menempati posisi kedua dengan porsi sebesar 22%.

Baidu menemukan, dua kategori yakni hiburan dan teknologi, masih menjadi yang paling populer ditelusuri oleh pengguna.

Kategori hiburan yang jumlah total persentase pencariannya mencapai 46,4%. Kata kunci yang masuk dalam kategori ini, antara lain berhubungan dengan konten dewasa, musik dan film, serta komik, gambar, dan cerita.

Selanjutnya adalah kategori yang terkait dengan teknologi. Persentasenya juga cukup tinggi sekitar 31,4%  Sementara kata kunci yang masuk dalam kategori ini berkenaan dengan layanan eCommerce, portal berita, serta layanan e-mail, search engine, dan media sosial.

Kategori populer yang terakhir berkaitan dengan unsur informasi berita dan gosip. Kata kunci yang paling banyak digunakan dalam kategori ini antara lain berhubungan dengan layanan Gojek, pernikahan Gibran Rakabuming dan Selvi Ananda, serta pembunuhan Engeline. Adapun capaiannya perolehanya memang tidak terlalu tinggi hanya 17,3%.

“Kami berharap laporan ini dapat memberikan wawasan dan manfaat bagi para pelaku industri mobile, terutama bagi para pengembang konten untuk memahami karakteristik pengguna mobile di Indonesia,” ungkap Director Baidu Indonesia, Bao Jianlei, melalui keterangan resminya.(pg)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year