telkomsel halo

Kemendag Mulai Melunak Hadapi Asosiasi eCommerce

09:10:06 | 07 Jul 2015
Kemendag Mulai Melunak Hadapi Asosiasi eCommerce
Pengurus idEA berfoto dengan Mendag (dok)
JAKARTA (IndoTelko) –Kementrian Perdagangan (Kemendag) sepertinya mulai melunak menghadapi Asosiasi e-commerce Indonesia  (idEA) yang mengkritisi Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Transaksi Perdagangan Melalui Sistem Elektronik atau eCommerce.

Hal itu terlihat dari aksi Menteri Perdagangan (Mendag)  Rachmat Gobel yang akhirnya mengundang  idEA untuk membahas RPP e-Commerce yang tengah ramai diperbincangkan belakangan ini.

“Kami senang dengan adanya pertemuan ini. Kedua belah pihak sepakat yang diutamakan adalah pemain lokal di aturan itu,” ungkap Ketua Umum idEA Daniel Tumiwa dalma rilisnya, kemarin.

Diungkapkannya, mengenai poin regulasi yang ditentang idEA dimana  mewajibkan pelaku usaha untuk memiliki, mencantumkan, dan menyampaikan identitas subyek hukum, Mendag mengakui diperlukan waktu yang memadai untuk melakukan pembinaan.

“Kami akan dilibatkan lebih banyak dalam RPP ini nantinya. Mendag menugaskan staf ahlinya untuk RPP ini dan kami akan bekerja  lebih intensif mengingat draf harus selesai pada Agustus mendatang,” katanya.

Ditambahkannya, dibuka juga kemungkinan  Asosiasi untuk berperan dalam proses akreditasi pelaku usaha eCommerce di Indonesia.
 
Sebelumnya, idEA memang condong memilih  akreditasi  dilakukan oleh pemain ketimbang sertifikasi oleh pemeirntah. Dalam kacamata asosiasi, kalau sertifikasi akan sulit karena model bisnis berubah terus. Apalagi yang akan disertifikasi itu software, hardware, dan SDM.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year