telkomsel halo

Software Lokal Baru Kuasai 10% Pangsa Pasar

13:16:07 | 28 Jun 2015
Software Lokal Baru Kuasai 10% Pangsa Pasar
Ahmad Zaky (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Perangkat lunak (software) buatan Indonesia baru menguasai sekitar 10% bisnis teknologi nasional.

“Masih kecil pangsa pasar software lokal. Beda dengan Tiongkok dimana 90% yang digunakan buatan negaranya sendiri,” kata Pendiri sekaligus Chief Executive Officer Bukalapak Achmad Zaky, kemarin.

Dalam The Backstage yang diselenggarakan Ziliun.com, Zacky berbagi kisahnya mengembangkan Bukalapak.com dengan melihat peluang yang tersaji bagi pemain lokal.

“Pada 2010 saya bersama dua teman membuat situs eCommerce dengan mendirikan Bukalapak.com dalam waktu dua bulan. Kala itu dana untuk pembuatan dan pengembangan Bukalapak.com masih menggunakan dana pribadi, yang diperoleh dari proyek pengembangan website. Kami hanya mampu menyewa sebuah ruko kecil yang dijadikan kantor untuk membuat dan mengembangkan software," katanya.

Diungkapkannya, pada awal pengembangan bisnis tersebut,  banyak tantangan yang dihadapi di antaranya perkembangan internet yang belum pesat dan pola pikir investor yang belum melihat bisnis teknologi sebagai sesuatu yang potensial.

Namun, setelah 10 bulan berjalan, semua tantangan itu berhasil dilewati, dan Bukalapak.com bisa mencapai 15 ribu kunjungan per hari. Pada 2011, setelah satu tahun lebih Bukalapak.com berjalan, internet mulai booming.

"Bisnis internet mulai panas, banyak investor yang mulai berani mengucurkan dana untuk tech startup. Momentum itu juga membuat Bukalapak.com mulai didekati investor, sehingga tim kami belajar untuk membuat skema investasi," katanya.

Saat ini jumlah kunjungan Bukalapak.com mencapai dua juta per hari. "Ke depan, platform kami bisa bermacam-macam, tidak hanya dengan eCommerce. Dengan kata lain, bisa saja suatu saat Bukalapak.com mengembangkan produk-produk bersifat edukasi. Ini karena melihat peluang bagi software lokal masih besar," pungkasnya.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year