telkomsel halo

Garuda Indonesia Adopsi Komputasi Awan

14:56:07 | 23 May 2015
Garuda Indonesia Adopsi Komputasi Awan
Ilustrasi (Dok)
JAKARTA (IndoTelko)  —  PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) telah mengadopsi solusi Teknologi Informasi berbasis komputasi awan (cloud computing) untuk mendukung transformasi perusahaan.

Direktur Teknik dan Teknologi Informasi GIAA, Iwan Joeniarto mejelaskan sebagai perusahaan global, penggunaan cloud computing merupakan keharusan bila ditinjau dari volume bisnis, pengembangan usaha, serta menjadikan kegiatan perseroan lebih efisien namun berstandar global.

“Implementasi TI berbasis komputasi awan ini juga bagian dari upaya Garuda untuk meningkatkan layanannya khususnya percepatan dan kemudahan layanan kepada para pengguna jasa,” katanya.

Komputasi awan merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet yang mempunyai fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama.

Melalui pemanfaatan TI berbasis komputasi awan, menjadikan Garuda menjadi salah satu BUMN pertama di Indonesia yang memanfaatkan teknologi terbaru ini.

"Penggunaan internet berbasis komputasi awan akan memberikan benefit bagi Garuda khususnya
meningkatkan kapasitas penyimpanan data tanpa harus mengeluarkan tambahan biaya untuk investasi pembelian peralatan tambahan," paparnya.

Ditambahkannya, data juga dapat diakses secara real time kapanpun dan di manapun oleh karyawan karena terkoneksi dengan internet, selain itu data juga lebih terjamin keamanannya apabila disimpan secara "on cloud". "Keamanan data perusahaan terlindungi khususnya ketika terjadi bencana alam," paparnya.

Saat ini maskapai dengan kode GIAA ini  mengoperasikan sebanyak 169 pesawat yang menerbangi 76 rute domestik dan internasional dengan lebih 600 frekuensi penerbangan setiap harinya.

Sebagai anggota aliansi SkyTeam, Garuda terhubung dengan sistem 19 maskapai anggota lainnya yang dapat melayani penumpang untuk terbang ke lebih dari 1052 destinasi di 177 negara.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year