Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
telkomsel halo

Refarming Tahap I Frekuensi 1.800 MHz Sukses di Maluku

08:49:07 | 05 May 2015
Refarming Tahap I Frekuensi 1.800 MHz Sukses di Maluku
Ilustrasi (dok)
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) – Operator telekomunikasi yang menempati frekuensi 1.800 MHz sukses menjalankan refarming tahap I kanal frekuensi 1.800 Mhz di Maluku dan Maluku Utara (Malut) pada Selasa (5/5) dini hari.

“Hari H (pertama) tadi malam atau dini hari 00:00 WIT tanggal 5 Mei 2015 untuk cluster Maluku/Malut telah berhasil dikosongkan pita 1.800 MHz. Dan kemudian dilakukan pengisian BTS XL dan dilanjutkan BTS Telkomsel, pengerjaan selesai pukul 02:10 WIT,” ungkap Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos (Dirjen SDPPI) dan Informatika Muhammad Budi Setiawan kepada IndoTelko dalam pesan singkatnya, Selasa (5/5).

Ditambahkannya, pada Rabu (6/5) atau H+2, akan dilakukan pengisian kanal oleh Indosat sesuai urutan penempatan.”Sejauh ini semuanya lancar,” katanya.

Sebelumnya, Vice President  Technology and System Telkomsel Ivan Cahya Permana mengaku  sudah menyiapkan sejumlah hal teknis, termasuk menginformasikan ke pelanggan melalui SMS. (Baca juga: Operator siap untuk refarming frekuensi 1.800 Mhz)

Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
“Ini semacam latihan untuk memulai ke cluster lebih berat trafiknya. Di Maluku Telkomsel  memiliki sekitar 800 BTS yang harus di-refarming. Kalau sudah terampil berkomunikasi dengan tiga operator lainnya, bisa lebih lancar di area yang trafiknya tinggi,”  paparnya.

Di frekuensi 1.800 Mhz terdapat Indosat, Telkomsel, XL Axiata, dan PT Hutchison  3 Indonesia (Tri). Tata ulang dimulai di Maluku pada 4 Mei 2015 dan diperkirakan selesai di Jakarta pada 23 November mengingat ada 42 cluster yang harus dikerjakan  dengan metode step wise alias kombinasi dari direct dan indirect.

Bakti
Total lebar pita yang dipakai di 1.800 MHz mencapai 75 MHz. Komposisi saat ini adalah Telkomsel menguasai 22,5 MHz, Indosat 20 MHz, XL Axiata 22,5 MHz, dan Hutchison 3 Indonesia (Tri) 10 MHz. Urutan penempatan kanal pasca tata ulang nantinya adalah XL, Tri, Indosat, Telkomsel.(dn)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year