telkomsel halo

BRI Optimistis Pertengahan 2016 Satelit BRISAT Mengorbit

15:12:48 | 12 Mar 2015
BRI Optimistis Pertengahan 2016 Satelit BRISAT Mengorbit
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko)  - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) optimistis satelit BRISAT bisa mengorbit pertengahan tahun 2016 sesuai perencanaan yang dibuat.

“Sejauh ini prosesnya masih sesuai  jadwal. Itu informasi yang kami dapat dari pabrik,” ungkap  Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama BRI Asmawi Syam, kemarin.

Seperti diketahui, BRI menjadi satu-satunya bank di Indonesia dan dunia yang memiliki satelit sendiri. Bank ini menggandeng perusahaan asal Amerika Serikat, Space System Loral LLC (SSL) untuk membangun satelit dan perusahan peluncur roket asal Prancis, Arianespace, untuk meluncurkan satelit BRISat pada 2016  mendatang.

Harapannya, adanya satelit yang dioperasikan BRI kelak, layanan bank plat merah tersebut terutama untuk penyaluran kredit usaha mikro bisa memiliki jangkauan yang lebih luas di seluruh Indonesia.

"Kami kembangkan inovasi satelit pertama di dunia untuk support microfinancing. Ini inovasi spektakuler yang diharapkan bisa angkat microfinance yang industrinya berbasis teknologi," kata Asmawi.

Skala operasional layanan BRI memang memerlukan dukungan jaringan komunikasi satelit yang setara dengan 23 transponder untuk memberikan layanan yang berkelanjutan hingga ke pulau-pulau kecil di seluruh Indonesia.

Sesuai dengan rencana bisnis jangka panjang Bank BRI, keberadaan satelit tersebut akan mendukung perkembangan bisnis BRI. Satelit itu diharapkan tidak hanya mampu menjangkau kawasan Indonesia, namun juga mampu menjangkau kawasan Asia Tenggara, sebagian wilayah Pasifik hingga Australia Barat.

Selain itu, dengan beroperasinya satelit tersebut, nantinya BRI bisa berhemat Rp250 miliar untuk biaya operasional. (Baca juga: BRI optimistis dengan BRISAT)

"Pihak-pihak luar sebenarnya juga kagum Indonesia begitu serius bangun satelit. Jadi kita harapkan, pertengahan 2016 satelitnya bisa mengorbit," pungkasnya.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year