telkomsel halo

Indosat Geser Fokus Cipika dari Makanan ke Gadget

09:14:22 | 09 Mar 2015
Indosat Geser Fokus Cipika dari Makanan ke Gadget
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – PT Indosat Tbk (ISAT) sepertinya tengah bereksperimen dengan portal eCommerce,  www.cipika.co.id, yang dijalankan Divisi Commerce anak usaha Ooredoo itu.

Portal hasil revitalisasi dari tokoon.com itu tadinya fokus berjualan makanan, snack serta kerajinan tangan, sekarang digeser fokusnya berjualan gadget.

Tokoon sendiri sebelumnya dikenal sebagai marketplace bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang dikelola anak usaha Indosat, IM2.

“Kami akan fokus di gadget dan produk elektronik tahun ini. Kami ingin memperkuat produk dan bisnis inti dari Indosat,” ungkap Head of Digital Commerce Indosat Carlos Karo, belum lama ini.

Dikatakannya, Cipika tak hanya akan menjual produk bundling dari Indosat, tetapi juga terbuka produk dari kompetitornya.  

Sejak November 2014 hingga januari lalu,produk gadget telah berkontribusi sekitar 30% bagi transaksi Cipika, sementara backbone penjualan tetap dari makanan dan snack.

Sepanjang 2014, penjualan makanan dan snack berkontribusi sekitar 80% bagi total transaksi Cipika, sedangkan 20% dari gadget, travel, serta lifestyle. “Tahun ini kta bidik transaksi dari gadget bisa sekitar 80%,” kata Carlos.

Ditambahkannya, ruang pertumbuhan transaksi online di Indonesia sangat besar mengingat hanya sekitar 1,7% transaksi yang dtuntaskan secara online, sedangkan pada 2019 diperkirakan bisa naik menjadi 7%. “Kami membidik sekitar 17% hingga 20% dari total transaksi online yang akan terjadi di 2019 itu,” pungkasnya.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year