telkomsel halo

XL-Indofood Asah Kepemimpinan Mahasiswa di Akademi Militer

12:01:20 | 03 Feb 2015
XL-Indofood Asah Kepemimpinan Mahasiswa di Akademi Militer
Hasnul Suhaimi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) –  PT XL Axiata Tbk (XL) bersama dengan PT Indofood Sukses makmur Tbk (Indofood) dan Yayasan Karya Salemba Empat (KSE) menggelar pelatihan kepemimpinan di Akademi Militer, Magelang Jawa Tengah untuk 202 mahasiswa penerima beasiswa dari XL dan Indofood.

Pelatihan akan berlangsung selama sepuluh hari mulai tanggal 30 Januari hingga 8 Februari 2015. Pembukaan acara ini berlangsung pada hari Jumat(30/1). Hadir dalam acara ini adalah Gubernur Akmil Mayjen TNI Sumardi, Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi, Direktur Indofood Joseph Bataona dan Ketua KSE Arief Wana.

”Pelatihan kepemimpinan merupakan salah satu cara meningkatkan kemampuan dan kecakapan para siswa sebagai bagian dari proses belajar. Kami berupaya tidak hanya mempersiapkan dana yang dapat mendukung keberlangsungan pendidikan para penerima beasiswa XL Future Leaders, tetapi juga mempersiapkan mereka agar bisa lebih siap menjadi pemimpin masa depan dan mampu berkompetisi secara global,” kata Hasnul dalamrilisnya, kemarin.

Joseph menambahkan,  penerima beasiswa Indofood Sukses Makmur (BISMA) selain menerima dana juga memperoleh kesempatan mengikuti pelatihan berjenjang yakni Indofood Leadership Camp (ILC) meliputi bidang komunikasi, personal development, character building, magang maupun eksplorasi minat dan bakat hingga community service.

“Kami juga mendorong mahasiswa khususnya penerima BISMA untuk mengaplikasikan ilmu yang mereka miliki bagi kemajuan masyarakat. Intinya didorong untuk menjadi pemimpin yang juga memiliki jiwa social entrepreneur,” katanya.

Selama sepuluh hari penerima beasiswa yang berasal dari 17 perguruan tinggi tersebut akan dibimbing langsung oleh para instruktur dari Yayasan Karya Salemba Empat, Indofood, XL dan pengajar dari Akademi Militer. Serangkaian Pelatihan yang akan diberikan meliputi pengembangan karakter, wawasan kebangsaan dan bela negara.

Sejak Desember 2014 lalu, penerima beasiswa XL dan Indofood bersama-sama mengerjakan proyek pengembangan energi alternatif Biogas di komplek Panca Arga Magelang.

Biogas sebagai bahan bakar alternatif yang dikembangkan berasal dari kotoran sapi. Ada sekitar 120 ekor sapi yang dipelihara oleh warga komplek Panca Arga. Kotoran sapi tersebut dikumpulkan dalam tangki hewan yang khusus dibuat untuk proyek ini yang memiliki kapasitas tampung 48m3 untuk 32 sapi di 3 kandang.

Kumpulan kotoran sapi tersebut kemudian diproses untuk menghasilkan gas. Selanjutnya, gas tersebut disalurkan ke pipa-pipa agar dapat langsung dimanfaatkan oleh warga setempat untuk memasak susu sapi dan apabila lebih akan digunakan untuk pembuatan tahu yang tak jauh dari kandang.

Biogas hasil olahan ini dapat menggantikan sepenuhnya keperluan gas untuk memasak susu. Dalam memasak susu, bahan bakar yang diperlukan sebanyak 2 tangki gas berukuran 12 kg setiap 4 harinya.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year