Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

Nokia Lawas menjadi Andalan Penjahat

12:33:14 | 02 Feb 2015
Nokia Lawas menjadi Andalan Penjahat
Ilustrasi (dok)
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) – Pamor smartphone boleh saja terus menjulang, tetapi di mata para kriminal, justru Nokia Seria lawas yang menjadi andalan dalam beraksi.

Dilansir situs Vice belum lama ini, para kriminal di Inggris justru menggunakan Nokia seri lawas yakni 8210 ketimbang iPhone, Android, dan BlackBerry.

Alasannya, ponsel lawas ini harganya sangat murah namun dijamin lebih aman ketimbang iPhone dan Android yang harganya selangit.

Dalam investigasi Vice, narasumbernya yang berprofesi sebagai seorang pengedar narkoba bercerita bagaimana Nokia 8210 telah menjadi perangkat komunikasi andalannya.

Mayoritas orang yang berprofesi sama dengan dirinya memilih ponsel tersebut karena faktor harganya yang sangat murah. Selain itu, ukuran mungil serta daya tahan baterainya sangat bisa diandalkan.

Paket Semangat Kemerdekaan
Tidak hanya itu, informasi yang tersimpan di dalam ponsel ini pun terbilang sangat minim, sehingga apabila mereka tertangkap maka pihak kepolisian masih akan kesulitan menggali informasi yang tersisa. Nokia 8210 dikenal memiliki waktu standby antara 50-150jam, serta sebuah port infrared untuk mentransfer data secara kilat.

Tanpa dukungan konektivitas Bluetooth, WiFi, dan WLAN, maka informasi yang tersimpan cuma nomor telepon terakhir yang dihubungi dan pesan yang masuk, atau nomor telepon yang dicatat di buku alamat.

Menurut para kriminal, jika suatu saat mereka tertangkap polisi, informasi yang tersimpan di ponsel dipastikan akan sangat sulit untuk digunakan sebagai bukti tambahan dari aktivitas pemilik. Nah, akankah para koruptor di Indonesia berburu Nokia 8210? (pg)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year