telkomsel halo

Wow, Xiaomi Sudah Masuk Tiga Besar

10:01:43 | 31 Okt 2014
Wow, Xiaomi Sudah Masuk Tiga Besar
Ilustrasi (Dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Aksi Xiaomi dengan ekspansi ke pasar di luar Tiongkok sepertinya mulai berbuah manis.

Data yang dilansir IDC untuk kuartal ketiga 2014 menunjukkan manufaktur asal Tiongkok ini berada di posisi ketiga pasar smartphone global dengan menguasai 5,6% pangsa pasar mengalahkan LG (4,6%) dan Lenovo (5,2%).  Xiaomi di kuartal ketiga 2014 mengapalkan sekitar 17,3 juta unit smartphone dan LG 12 juta unit, Lenovo 16,9 juta unit.

Samsung masih menjadi penguasa dengan pangsa pasar 23,8% berkat mengapalkan 78,1 juta uni smartphone. Diikuti Apple  dengan 12% panga pasar dan mengapalkan 39,3 juta unit smartphone.

Total smartphone yang dikapalkan sepanjang kuartal ketiga lalu menurut IDC sebesar 327,6 juta unit naik 25,2% dari posisi sama tahun lalu sebesar 25,2% sebesar 261,7 juta unit.

"Walau banyak diisukan pengapalan smartphone melambat, kenyataan berbicara lain. Di negara maju pertumbuhannya single digit, di negara berkembang 30%,” kata Analis IDC Ryan Reith dalam situsnya.

Menurutnya, tumbuhnya pengapalan smartphone karena harga kian terjangkau dan memikat pengguna di negara berkembang. Tantangan yang dihadapi manufaktur adalah keuntungan menjadi tertekan. “Selain Apple, smeua berjuang mempertahankan margin,” katanya.

Sebelumnya dari hasil riset  Strategy Analytics pengapalan smartphone tercatat sebesar 320 juta unit atau tumbuh 27% dibandingkan periode sama tahun lalu.

Sedangkan riset yang dilakukan Juniper Research memprediksi Lenovo akan bertengger di posisi tiga besar karena transaksi akusisi Motorolla telah tuntas. Diperkirakan ada sekitar 23 juta unit smartphone dikapalkan pada kuartal ketiga 2014 jika penggabungan tuntas.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year